Hitung umur anjing bukan cuma perkalian tujuh, Ini cara lainnya

Senin, 06 Juli 2020 | 14:53 WIB   Penulis: Wahyu Eko Saputra
Hitung umur anjing bukan cuma perkalian tujuh, Ini cara lainnya

ILUSTRASI. Warga berolahraga sambil membawa anjing peliharaan di Ring Road Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (5/6/2020).


HEWAN PELIHARAAN - Bagi sebagian orang, memiliki hewan peliharaan sesuatu yang menyenangkan. Terutama, hewan yang memiliki kecerdasan luar biasa seperti anjing.

Anjing merupakan hewan peliharaan yang begitu lumrah. Namun, pernahkah terpikir bahwa sebenarnya masa regenerasi umur anjing lebih cepat ketimbang manusia.

Kajian ilmiah yang banyak beredar di masyarakat umumnya menghitung umur anjing dengan perkalian 7. Artinya, jika Anda memiliki anjing yang berumur 5 tahun, umur sebenarnya adalah 35 tahun. Soalnya, regenerasi biologis anjing yang begitu cepat.

Baca Juga: Begini cara mengetahui kucing bahagia jika berada di dekat pemiliknya

Perhitungan itu sebenarnya bentuk perkiraan sementara. Ada banyak faktor lain yang harus Anda lihat jika ingin tahu pasti umur hewan peliharaan. 

Ahli biologi Trey Ideker dari Universitas California San Diego membantah secara halus metode hitung umur anjing dengan perkalian 7. Formula baru yang dia temukan ialah saat anjing berusia 2 tahun sebenarnya usia anjing telah mencapai 40 tahun usia manusia.

Penyanggahan ini adalah suatu hal yang baru. Walau hanya sebagai algoritma, Ideker memperkuatnya dengan analisis biologi epigenetik yang muncul.

Dalam risetnya, Ideker melihat ada satu molekul bernama metil. Molekul ini kemudian terakumulasi seiring dengan pertambahan umur anjing.

Baca Juga: Merawat Hewan Lewat Platform Digital

Melalui metode metil, peneliti mampu mecocokan usia seluruh spesies. Bahkan, cara tersebut membantu uji perawatan antipenuaan pada manusia.

Temuan epigenetik bisa jadi acuan valid untuk mengetahui umur anjing kesayangan Anda. Namun, jika epigenetik merepotkan lantaran melibatkan banyak pihak, perhitungan konvensional seperti metode perkalian 7 terbilang cukup untuk tahu kisaran umur anjing Anda.

"Saya punya anjing berusia 6 tahun, dan masih bersemangat ketika kami berjalan bersama. Tapi, saya tahu dia (anjing peliharaannya) tidak semuda yang saya kira," kata Ideker seperti dikutip ScienceAlert.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu Eko Saputra

Terbaru