Ini 5 manfaat bawang putih, bisa dijadikan obat batuk

Selasa, 20 Juli 2021 | 12:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 5 manfaat bawang putih, bisa dijadikan obat batuk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bawang putih merupakan salah satu jenis bahan alami yang mudah ditemukan. Biasanya, bawang putih digunakan untuk meningkatkan cita rasa makanan. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat bawang putih untuk kesehatan?

Melansir Pharmeasy (pharmeasy.in), bawang putih dipenuhi dengan antiseptik dan antibakteri. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak nutrisi lain yang terkandung dalam bawang putih. Mulai dari fosfor, kalium, vitamin C, magnesium, dan lain-lain.

Cobalah untuk mengonsumsi bawang putih secara rutin. Namun, pastikan untuk berdiskusi dulu dengan dokter, ya. Khususnya jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Dengan begitu, manfaat ini bisa Anda dapat dengan maksimal.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Memiliki sistem imun yang kuat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Supaya kondisi itu dapat Anda miliki, tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi bawang putih. Kandungan dalam bahan alami itu mampu melawan radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit.

Baca Juga: Tingkatkan imunitas tubuh dengan obat herbal

Mengobati Batuk

Manfaat bawang putih selanjutnya adalah mengobati batuk dan pilek. Caranya, tumbuk dua siung bawang putih hingga halus. Konsumsi bawang putih itu saat perut masih kosong. Tak hanya itu, aroma bawang putih juga bisa mengatasi hidung tersumbat.

Menjaga Kesehatan Kulit

Ada banyak masalah kulit yang bisa Anda alami. Mulai dari jerawat, bekas jerawat, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi masalah itu, tak ada salahnya untuk memanfaatkan bawang putih. Selain mengatasi masalah kulit, kandungan dalam bawang putih juga mampu melindungi kulit dari sinar UV.

Mengontrol Jumlah Gula Darah

Bagi penderita diabetes, jumlah gula darah dalam tubuh perlu selalu dikontrol supaya kesehatan tetap terjaga. Nah, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi bawang putih. Pharmeasy merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi bahan alami itu dalam kondisi mentah.

Baca Juga: 5 Makanan ini bisa jadi cara menurunkan gula darah, lo

Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat bawang putih adalah menurunkan berat badan.

Apakah Anda sedang mencari cara menurunkan berat badan? Jika iya, cobalah untuk memasukkan bawang putih dalam menu diet yang Anda konsumsi sehari-hari. Bahan alami itu mampu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.

Tidak berhenti sampai di situ, kandungan dalam bawang putih bisa menurunkan jumlah kolesterol. Saat kolesterol berkurang, aliran darah menjadi lebih lancar sehingga tekanan darah menjadi lebih terkontrol pula.

Selanjutnya: Cocok untuk diabetes, cek 4 manfaat jeruk nipis ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru