CLOSE [X]

Ini 5 Manfaat Tape Singkong yang Menakjubkan untuk Kesehatan

Senin, 15 Januari 2024 | 12:27 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 5 Manfaat Tape Singkong yang Menakjubkan untuk Kesehatan

ILUSTRASI. Ini 5 Manfaat Tape Singkong yang Menakjubkan untuk Kesehatan. KONTAN/Baihaki/14/10/2020


Manfaat Tape Singkong - JAKARTA. Kenali sederet kandungan nutrisi dan manfaat tape singkong untuk kesehatan. Salah satu makanan fermentasi ini beredar di Indonesia dengan berbagai bentuk dan rupa.

Tape singkong adalah produk fermentasi singkong yang populer di beberapa wilayah di Indonesia dan negara-negara lain.

Nah, makanan seperti Tape singkong memiliki beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsinya.

Namun, perlu diingat bahwa manfaat tersebut dapat bervariasi tergantung pada proses fermentasi, kandungan gizi, dan keberagaman makanan dalam pola makan seseorang.

Baca Juga: Bukan Main, Ini Manfaat Daun Singkong, Bisa Mengobati Diare sampai Sakit Kepala

Pembuatan Tape Singkong

Kenapa singkong difermentasi?

Singkong diklaim memiliki beberapa kandungan gizi anti nutrisi yang bisa memiliki dampak buruk terhadap tubuh. Bahkan, beberapa jenis singkong memiliki tingkat sianida tinggi. 

Penelitian yang dikutip dari laman Intechopen ungkap bahwa fermentasi dengan menggunakan protein mikroba bermanfaat dalam menurunkan kandungan sianida.

Bahkan, kandungan protein dan nutrisi lainnya meningkat dibandingkan dengan cara konvensional lain seperti pengolahan singkong dengan perendaman, perebusan, dan pengeringan.

Baca Juga: Bukan 1 Jam, Ini Batasan Waktu Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

Manfaat tape singkong

Untuk itu, Anda perlu mengenal beberapa manfaat tape singkong yang kaya nutrisi untuk tubuh.

1. Sumber Energi

Tape singkong mengandung karbohidrat kompleks, seperti pati, yang dapat memberikan energi tahan lama. Ini dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan asupan energi tambahan, seperti pekerja keras atau atlet.

2. Probiotik Alami

Tape singkong mengalami proses fermentasi, yang menciptakan lingkungan ideal untuk pertumbuhan bakteri baik. Ini berarti tape singkong dapat menjadi sumber probiotik alami yang dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

3. Kaya vitamin B Kompleks

Tape singkong mengandung beberapa nutrisi penting, termasuk vitamin B kompleks, seperti B1 (tiamin), B2 (riboflavin), dan B3 (niasin). Selain itu, tape singkong juga mengandung mineral seperti zat besi dan fosfor.

4. Fibermatra Tinggi

Proses fermentasi tape singkong dapat meningkatkan kandungan seratnya. Serat makanan bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, membantu mengurangi risiko sembelit, dan dapat mendukung pengelolaan berat badan.

5. Peningkatan Ketersediaan Nutrien

Makanan Fermentasi dapat meningkatkan ketersediaan beberapa nutrien dalam singkong, seperti meningkatkan kadar asam folat dan mengurangi kadar senyawa anti-nutrisi tertentu.

Selain manfaat kesehatan, tape singkong juga memberikan variasi rasa dan tekstur dalam makanan. Ini dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam mengonsumsi makanan.

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun tape singkong memiliki potensi manfaat tersebut, konsumsi yang berlebihan juga dapat memiliki dampak negatif bagi tubuh.

Itulah beberapa penjelasan terkait manfaat tape singkong untuk kesehatan yang wajib Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru