Ini penyebab dan gejala PCOS yang bisa Anda alami

Senin, 14 Desember 2020 | 19:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini penyebab dan gejala PCOS yang bisa Anda alami


KESEHATAN - PCOS atau polycystic ovary syndrome adalah gangguan hormon yang dialami oleh wanita berusia produktif. Yuk, kenali penyebab dan gejala PCOS.

Gejala PCOS yang sering dialami oleh wanita adalah siklus menstruasi yang terganggu, entah terlalu panjang atau justru jarang terjadi.

Gejala PCOS

Mengutip dari Mayo Clinic, gejala PCOS bisa terjadi di awal menstruasi. Meski demikian, tak jarang tanda PCOS muncul setelah beberapa waktu, apalagi saat berat badan bertambah. Setiap wanita mengalami gejala yang berbeda-beda.

Misalnya, Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Anda bisa haid kurang dari sembilan kali dalam satu tahun. Saat menstruasi, siklus terjadi selama lebih dari 35 hari dan darah haid yang keluar lebih banyak dari batas normal.

Selain itu, kelebihan hormon androgen juga bisa jadi tanda PCOS lainnya. Banyaknya hormon laki-laki dalam tubuh Anda menyebabkan munculnya banyak rambut wajah dan jerawat. PCOS juga menyebabkan munculnya banyak kantung di sekitar sel telur sehingga ovarium tak bisa berfungsi secara maksimal.

Baca Juga: Begini tanda-tanda haid yang bisa Anda alami, termasuk perut terasa nyeri

Penyebab PCOS

Bersumber dari Mayo Clinic, penyebab PCOS belum bisa diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang berpengaruh pada hal tersebut.

Salah satunya adalah jumlah insulin berlebih dalam tubuh. Insulin merupakan hormon dalam pankreas yang memperbolehkan sel menggunakan gula.

Jika sel melawan fungsi tersebut, jumlah gula darah dalam tubuh akan meningkat sehingga jumlah insulin akan meningkat pula. Bertambahnya jumlah insulin berpengaruh pada hormon androgen sehingga pembuahan dalam tubuh sulit terjadi.

Komplikasi PCOS

PCOS yang tidak ditangani segera akan menimbulkan beberapa komplikasi dalam tubuh. Mulai dari keguguran atau kelahiran prematur, pendaraha rahim, diabetes, sleep apnea, gangguan makan, kecemasan, hingga kanker.

Baca Juga: 5 Cara menjaga kesehatan reproduksi bagi remaja laki-laki maupun perempuan

Perawatan PCOS

Jika Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur dan gejala PCOS lain, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan menjalankan beberapa tes untuk mendiagnosa kondisi kesehatan Anda.

Tak hanya itu, dokter akan menyarankan perubahan pola hidup. Menurut Mayo Clinic, biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk menurunkan berat badan.

Konsumsilah makanan rendah kalori dan olahraga secara rutin. Pola hidup sehat akan mempermudah proses perawatan PCOS yang Anda jalani.

Selanjutnya: Waspada, inilah 4 penyebab darah haid hitam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru