Inilah 4 makanan pemicu kanker, bijaklah dalam konsumsi

Senin, 21 Desember 2020 | 16:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 4 makanan pemicu kanker, bijaklah dalam konsumsi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pola makan termasuk penyebab penyakit kanker. Sejumlah bahan makanan bisa memicu kanker jika dikonsumsi secara berlebihan dan rutin.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah pertumbuhan kanker, salah satunya adalah dengan menghindari konsumsi beberapa jenis makana. Selain itu, membatasi konsumsi makanan pemicu kanker juga berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Daging Olahan dan Daging Merah

Mengutip dari Aetna (aetnainternational.com), daging olahan, seperti sosis atau ham termasuk dalam kategori makanan yang bersifat karsinogenik sehingga dapat memicu kanker. Khususnya kanker kolorektal dan kanker perut.

Jika Anda ingin memakan daging, cobalah untuk mengonsumsi makanan alternatifnya. Beberapa jenis makanan yang bisa mengganti daging olahan adalah ikan, ayam, kalkun, atau tahu. Dengan mengonsumsi makanan alternatif itu, pertumbuhan sel kanker bisa Anda hindari.

Selain daging olahana, daging merah juga bisa jadi makanan pemicu kanker, lo. Daging merah berkaitan dengan kanekr kolorektal, kanker pankreas, dan kanker prostat. Untuk menghindari kanker, usahakan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 65 – 100 g daging merah per minggu.

Baca Juga: 5 Manfaat bawang merah sebagai obat herbal penumpas penyakit

Alkohol

Alkohol berlebih bisa jadi salah satu makanan pemicu kanker.

Tak hanya daging olahan dan daging merah, konsumsi alkohol berlebih juga bisa memicu pertumbuhan sel kanker. Konsumsi alkohol bisa menyebabkan kanker mulut, kanker payudara, dan kanker perut karena bersifat karsinogenik.

Meski demikian, mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang tidak berlebihan bisa menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung koroner, lo. Usahakan untuk tidak mengonsumsi lebih dari satu gelas anggur merah per hari supaya kesehatan Anda tetap terjaga.

Ikan Asin

Ikan asin jadi makanan pemicu kanker selanjutnya yang perlu Anda waspadai. Proses pembuatn ikan asin membuat jenis makanan itu bersifat karsinogenik. Alih-alih makan ikan asin, cobalah untuk mengonsumsi makanan alternatif lain, seperti udang, kerang, atau cumi-cumi.

Baca Juga: Inilah 5 manfaat susu kedelai yang berguna untuk kesehatan

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau fast food juga bisa memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Cobalah untuk membatasi konsumsi makanan cepat saji, seperti kentang goreng atau burger, dan jenis makanan lain yang mengandung banyak lemak dan gula.

Selain menghindarkan Anda dari risiko kanker, membatasi konsumsi jenis makanan tersebut juga dapat menurunkan risiko obesitas dan mengontrol kolesterol dalam tubuh dengan lebih baik. Anda bisa mengganti makanan cepat saji dengan sandwich, salad, atau sushi.

Selanjutnya: Anda penggemar berat gorengan? Awas makan gorengan berlebihan memicu penyakit kronis

Editor: Belladina Biananda
Terbaru