Inilah hal-hal yang dilarang sebelum suntik vaksin Covid-19

Rabu, 17 Maret 2021 | 17:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah hal-hal yang dilarang sebelum suntik vaksin Covid-19


KESEHATAN - JAKARTA. Seiring berjalannya waktu, ada semakin banyak orang yang mendapat suntikan vaksin Covid-19. Jika Anda termasuk salah satu orang yang sudah mendapat jadwal vaksin, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Mengutip dari Eatthis.com, sistem imun tubuh akan belajar mengenali dan melawan serangan Virus Corona setelah Anda mendapat vaksin. Supaya hal itu bisa berjalan secara optimal, Anda perlu menghindari beberapa jenis obat-obatan sebelum mendapat suntikan vaksin Covid-19.

Beberapa jenis obat yang dimaksud adalah ibuprofen, antihistamin, atau aspirin. Jika Anda benar-benar harus mengonsumsi jenis-jenis obat itu, usahakan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter. Tujuannya agar tidak ada efek samping berlebih yang Anda alami.

Sampai saat ini, belum bisa diketahui bagaimana efek jenis obat-obat tersebut pada efektivitas vaksin Covid-19. Melansir Eatthis.com, masyarakat diimbau untuk tidak mengonsumsi obat penghilang rasa sakit untuk menghindari efek samping vaksin Covid-19.

Baca Juga: Pemerintah tegaskan sertifikat vaksin tak bisa gantikan testing pelaku perjalanan

Jika Anda mengalami efek samping vaksin Virus Corona, misalnya muncul reaksi alergi di kulit, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter supaya mendapat perawatan yang tepat. Biasanya, reaksi alergi muncul dalam kurun waktu empat jam setelah Anda mendapat suntikan vaksin.

Selain menghindari konsumsi beberapa jenis obat sebelum divaksin, Anda juga perlu memerhatikan beberapa hal setelah mendapatkannya. Anda harus tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Baca Juga: Kemenkes menjamin tidak menggunakan vaksin Covid-19 yang sudah kedaluwarsa

Mulai dari menjaga jarak dengan orang lain, memakai masker dengan cara yang benar, dan mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir. Hal itu perlu Anda lakukan karena belum semua orang mendapat vaksin Covid-19. Dengan begitu, penyebaran Virus Corona bisa berkurang.

Tidak hanya menerapkan protokol kesehatan, menjaga kesehatan tubuh juga penting untuk dilakukan. Cobalah untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi dan rajin olahraga. Carilah olahraga yang Anda sukai dan masih bisa dilakukan di rumah tanpa melibatkan banyak orang.

Selanjutnya: Satgas Covid-19: Penundaan distribusi AstraZeneca mengedepankan azas kehati-hatian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru