Jadi obat jerawat, ini 4 manfaat lidah buaya untuk wajah

Rabu, 04 Agustus 2021 | 10:43 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jadi obat jerawat, ini 4 manfaat lidah buaya untuk wajah

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat banyak manfaat lidah buaya untuk wajah.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Salah satunya adalah lidah buaya. Manfaat lidah buaya untuk wajah datang dari berbagai macam nutrisi yang ada di dalamnya.

Salah satu kandungan penting yang terdapat dalam lidah buaya adalah antimikroba. Dengan pemakaian rutin, nutrisi itu mampu mengobati jerawat yang muncul di kulit. Tidak berhenti sampai di situ, bakteri penyebab jerawat juga bisa diatasi dengan kandungan antiseptik.

Memakai lidah buaya efektif mengurangi peradangan atau inflamasi. Bahan alami itu pun bisa mengecilkan ukuran pori-pori sehingga masalah kulit yang lain dapat Anda hindari. Selain itu, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Pharmeasy (pharmeasy.in) menyebutkan bahwa lidah buaya efektif mempercepat proses penyembuhan luka. Misalnya, luka sayat, luka bakar, dan jenis luka yang lain. Kandungan dalam bahan alami itu mampu masuk ke epidermis dengan lebih cepat sehingga reproduksi sel kulit pun meningkat.

Baca Juga: Cara menghilangkan jerawat batu bisa memakai 5 bahan ini

Mengobati Masalah Kulit Akibat Sinar Matahari

Manfaat lidah buaya untuk wajah selanjutnya adalah mengobati masalah kulit akibat paparan sinar matahari. Alasannya karena lidah buaya mengandung antiinflamasi dan memberikan efek dingin di kulit.

Antioksidan dan mineral lain yang terkandung dalam lidah buaya juga mampu menyembuhkan kulit secara maksimal. Cobalah untuk menggunakan lidah buaya secara langsung pada kulit. Namun, segera hentikan pemakaian jika muncul reaksi alergi lain.

Menyamarkan Noda Hitam

Noda hitam di wajah bisa muncul akibat banyak faktor, misalnya bekas jerawat. Untuk mengatasi masalah tersebut, Pharmeasy merekomendasikan Anda untuk mengkombinasikan gel lidah buaya dengan air lemon.

Seperti yang telah disebutkan, kandungan dalam lidah buaya bisa meningkatkan reproduksi sel sehingga noda hitam bekas jerawat pun dapat hilang. Selain menyamarkan noda hitam, lidah buaya juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan stretch mark, lo.

Baca Juga: Sebelum konsumsi, kenali dulu 4 efek samping lidah buaya untuk kesehatan

Melawan Tanda Penuaan

Salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah adalah melawan tanda penuaan di kulit.

Selain beberapa faktor yang telah disebutkan, manfaat lidah buaya untuk wajah juga berguna untuk melawan tanda-tanda penuaan. Bukan tanpa alasan, manfaat itu berasal dari berbagai macam nutrisi yang ada dalam lidah buaya.

Mulai dari vitamin C, vitamin E, betakaroten, antimikroba, antiinflamasi, dan antimikroba. Cobalah untuk memakai gel lidah buaya secara rutin. Dengan begitu, garis halus, kerutan, dan tanda penuaan yang lain dapat Anda hindari.

Selanjutnya: Inilah 4 cara mengatasi rambut rontok pakai bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru