Jangan Takut Disuntik, Inilah Manfaat dari Vaksin Covid-19 buat Anak 6-11 Tahun

Senin, 20 Desember 2021 | 15:15 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Jangan Takut Disuntik, Inilah Manfaat dari Vaksin Covid-19 buat Anak 6-11 Tahun

ILUSTRASI. Jangan takut disuntik, inilah manfaat dari vaksin Covid-19 buat anak 6-11 tahun. KONTAN/Carolus Agus Waluyo.


VAKSIN COVID-19 - Vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 6-11 tahun sudah dimulai. Orangtua bisa mulai mendaftar dan membawa buah hati di lokasi vaksinasi agar mereka bisa mendapatkan vaksin Covid-19. 

Jenis vaksin yang diberikan adalah vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Vaksin ini akan diberikan dengan cara disuntikkan ke salah satu lengan dengan dosis 0,5 ml sebanyak dua kali pemberian. 

Lokasi-lokasi vaksinasi yang bisa didatangi oleh orangtua dan anak di antaranya Puskesmas, rumahsakit, fasilitas pelayanan lain baik pemerintah maupun swasta, pos-pos pelayanan vaksinasi, dan sentra vaksinasi.

Beberapa anak mungkin masih takut untuk disuntik vaksin Covid-19. Ada banyak faktor yang membuat mereka takut disuntik seperti takut merasa sakit saat jarum suntik ditusukkan ke kulit. 

Baca Juga: Gejala KIPI setelah Vaksin Covid-19 pada Anak Usia 6-11 Tahun dan Cara Menanganinya

Untuk mengurangi rasa takut buah hati, Anda bisa menjelaskan manfaat apa saja yang didapat jika sudah divaksin Covid-19. Apa saja manfaat dari vaksin tersebut? Berikut ini rangkumannya dari Instagram @ditpsd.

Manfaat vaksin Covid-19 untuk anak

Manfaat vaksin Covid-19 yang didapat untuk buah hati di antaranya adalah: 

1. Merangsang sistem kekebalan tubuh. Vaksin dibuat dari berbagai produk biologi dan virus yang sudah dilemahkan. Vaksin ini nantinya akan merangsang timbulnya imun atau daya tahan tubuh seseorang. 

2. Mengurangi risiko penularan virus Covid-19. Daya tahan tubuh yang terbentuk setelah mendapatkan vaksin bisa mengurangi risiko terpapar virus Corona. Hal ini dikarenakan tubuh kita sudah belajar dan mengenali virus yang dilemahkan di dalam vaksin. 

3. Mengurangi dampak berat virus. Jika tubuh kita sudah mengenali suatu virus, suatu saat kita terpapar penyakit, gejala yang ditimbulkan tidak berat.

Selain ketiga manfaat di atas, beberapa alasan lain yang membuat vaksin Covid-19 untuk anak sangat penting diantaranya:

  • Kelompok usia 6-11 tahun harus belajar tatap muka (PTM), sehingga berisiko tertular dan menularkan pada orang-orang sekitar.
  • Pertimbangan kemungkinan kepatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan berkerumun) yang rendah. 
  • Kelompok usia tersebut sudah terbiasa mendapatkan imunisasi sejak bayi, balita dan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) pada kelas 1-5 SD.
  • Puskesmas sudah berpengalaman melaksanakan program BIAS.
  • Konvensi Hak Anak dan Undang-Undang perlindungan anak yang menyatakan bahwa anak berhak untuk dilindungi dari sakit, cedera, dan kekerasan.

Baca Juga: Satgas Covid-19: Kasus Omicron Jadi Peringatan untuk Konsisten Terapkan Prokes

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru