Jarang Orang Tahu, Penyebab Kanker Darah Perlu Diwaspadai

Senin, 24 Oktober 2022 | 16:05 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Jarang Orang Tahu, Penyebab Kanker Darah Perlu Diwaspadai


KONTAN.CO.ID - Ada beberapa penyebab kanker darah yang tidak banyak diketahui dan perlu diwaspadai agar bisa mendeteksinya lebih dini. 

Kanker darah sendiri terjadi ketika sel darah sehat mengalami perubahan sehingga menyebabkan munculnya sel darah abnormal. 

Sel darah abnormal bisa muncul secara tidak terkendali, sehingga mengganggu fungsi sel darah sehat. Sebaiknya jangan abaikan kesehatan darah. 

Ada beberapa pemicu yang dapat menjadi penyebab kanker darah, seperti merokok, paparan radiasi berlebihan, hingga paparan bahan kimia. 

Dilansir dari Yale Medicine dan American Cancer Society, berikut adalah penyebab kanker darah yang perlu diwaspadai, antara lain:  

Baca Juga: Ini Penyebab Gangguan Gagal Ginjal Akut Misterius pada Anak

Terkena paparan radiasi

Penyebab kanker darah yang pertama adalah terkena paparan radiasi. Paparan radiasi yang terlalu tinggi juga berisiko menyebabkan kanker darah. 

Jika Anda menjalani terapi radiasi untuk pengobatan jenis kanker lainnya sebaiknya tanyakan langsung pada dokter mengenai efek samping yang bisa dialami dan cara untuk mencegahnya. 

Kebiasaan merokok

Penyebab kanker darah yang kedua adalah kebiasaan merokok. Merokok menjadi kebiasaan buruk yang sebaiknya dihentikan. 

Bukan hanya menyebabkan gangguan kesehatan pada paru-paru dan jantung, kebiasan ini juga dapat meningkatkan risiko kanker darah semakin memburuk. 

Selain itu, kimia dalam rokok juga menyebabkan kerusakan sel DNA yang memicu perkembangan sel kanker. Bukan hanya perokok aktif, perokok pasif pun memiliki risiko yang sama. 

Baca Juga: Cegah Diabetes, Ini 5 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan yang Tidak Diragukan Lagi

Paparan bahan kimia

Penyebab kanker darah yang ketiga adalah bekerja di lingkungan yang membuat Anda mengalami paparan bahan kimia, seperti benzena dan formaldehida.

Pastikan Anda menggunakan alat kerja yang optimal untuk menurunkan risiko paparan bahan kimia. 

Untuk itu, tetap jaga kesehatan dengan menjalani gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan sehat agar kesehatan tetap optimal. 

Itulah beberapa penyebab kanker darah yang perlu Anda waspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru