Jarang yang tahu, ini khasiat sayur kubis untuk kesehatan

Kamis, 18 Maret 2021 | 12:05 WIB Sumber: Kompas.com
Jarang yang tahu, ini khasiat sayur kubis untuk kesehatan


KESEHATAN - Jakarta. Banyak yang tidak tahu, ada beragam khasiat sayur kubis untuk kesehatan tubuh. Sayur kubis bisa mencegah timbulnya penyakit jantung. Selain itu, sayur kubis juga memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan, simak selengkapnya di sini.

Kubis seringkali menjadi sayuran terpinggirkan karena rasanya yang dianggap tidak enak. Faktanya, kubis bisa menjadi makanan yang baik saat diet karena nutrisinya yang tinggi.

Ahli diet Maxine Smith juga mengatakan, kubis kaya akan nutrisi tetapi kita tidak boleh mengolahnya dengan cara menggoreng atau merebus. Sebab, cara tersebut bisa mengurangi nutrisi pada kubis. "Sebaliknya, tetap gunakan metode memasak yang cepat, seperti menumis atau memakannya segar," ucapnya.

Agar Anda tidak ragu lagi untuk mengonsumsinya, berikut khasiat sayur kubis untuk kesehatan:

1. Kaya vitamin C

Khasiat sayur kubis untuk kesehatan adalah meningkatkan daya tahan tubuh yang saat ini sangat penting di tengah pandemi corona. Kubis mengandung antioksidan vitamin C yang tinggi, yaitu sekitar 70 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan nabati yang kita konsumsi, membuat kolagen untuk membantu menyembuhkan luka, dan meningkatkan sistem kekebalan.

Baca juga: 5 Sayuran yang baik dikonsumsi penderita kolesterol

2. Sumber serat

Khasiat sayur kubis untuk kesehatan lainnya adalah untuk pencernaan. Kubis adalah sumber serat yang baik. Konsumsi serat bisa membantu meringankan sembelit dan menyeimbangkan kadar gula darah. Serat juga membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Simak manfaat sayur kubis untuk kesehatan di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru