Karena faktor ini, risiko terinfeksi Covid-19 bisa 82 kali lebih besar

Kamis, 26 Agustus 2021 | 19:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Karena faktor ini, risiko terinfeksi Covid-19 bisa 82 kali lebih besar


KESEHATAN - Virus corona bisa menginfeksi siapa saja. Apalagi, sekarang virus tersebut sudah bermutasi sehingga mudah menyebar. Beberapa faktor risiko Covid-19 pun perlu Anda waspadai supaya kesehatan tubuh Anda tak memburuk.

Mengutip dari Best Life, risiko Covid-19 bertambah hingga 82 kali jika Anda baru saja melakukan transplantasi organ. Hasil penelitian itu dipublikasikan dalam Transplantation Journal. 

Penelitian melibatkan 18.000 penerima vaksin Covid-19 yang melakukan transplantasi organ. Dari data yang digunakan, 151 pasien terinfeksi virus corona.

Dari 151 pasien, sebanyak 87 pasien membutuhkan perawatan rumahsakit, sedangkan 14 pasien meninggal karena penyakit tersebut.

Baca Juga: Ini 3 syarat khusus bagi penerima vaksin Moderna

Baca Juga: 1,6 Jutaan dosis vaksin Covid-19 Moderna di Jepang terkontaminasi zat asing

Hasil penelitian itu menunjukkan, vaksin tak cukup melindungi tubuh penerima transplan. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa mengabaikan vaksinasi, ya. Jangan tunda waktu vaksinasi dan jangan lupa untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Melansir Best Life, tingginya risiko Covid-19 bagi penerima transplan bisa terjadi karena obat imunosupresan. Jenis obat itu memengaruhi respons imun sehingga efek vaksin Covid-19 tidak bisa maksimal.

Menurut hasil penelitian lain yang dipublikasikan dalam The New England Journal of Medicine, antibodi bisa terbentuk setelah suntikan vaksin dosis ketiga.

Jika Anda baru saja menerima transplantasi organ atau sedang mengonsumsi obat imunosupresan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Dan, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Selalu jaga jarak dengan orang lain, pakai masker yang sesuai dengan standar, dan jaga kebersihan tangan dengan sabun dan air mengalir.

Selanjutnya: Riset buktikan kemampuan vaksin Covid-19 Sputnik V selalu meningkat seiring waktu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru