Kecuali Gerhana Matahari Cincin, Ini 3 Gerhana yang Bisa Disaksikan di Indonesia

Selasa, 03 Januari 2023 | 11:48 WIB Sumber: Kompas.com
Kecuali Gerhana Matahari Cincin, Ini 3 Gerhana yang Bisa Disaksikan di Indonesia

ILUSTRASI. Sepanjang 2023 nanti, langit dunia akan mengalami sederet fenomena astronomi. STREVOR JONES / @ASTROBACKYARD/via REUTERS


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Sepanjang 2023 nanti, langit dunia akan mengalami sederet fenomena astronomi. Tak ketinggalan, total sebanyak empat gerhana akan hadir pada tahun ini. 

Peneliti di Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang menuturkan, empat gerhana terdiri dari dua gerhana matahari dan dua gerhana bulan. 

"Dari empat gerhana yang akan terjadi di tahun 2023 mendatang, tiga di antaranya dapat disaksikan di Indonesia," kata Andi, kepada Kompas.com, Senin (2/1/2023). 

Tiga gerhana yang dapat dilihat di Indonesia, antara lain gerhana matahari hibrida, gerhana bulan penumbra, dan gerhana bulan sebagian. 

Sementara satu gerhana yakni gerhana matahari cincin, menurut Andi tidak dapat disaksikan di Indonesia. 

Berikut ulasan empat gerhana yang akan terjadi sepanjang 2023: 

Baca Juga: Gerhana Bulan Total Malam Ini, Minat Ikut Piknik Malam Bersama Bloodmoon Planetarium?

1. Gerhana matahari hibrida 

Andi menjelaskan, gerhana matahari hibrida adalah gerhana matahari yang memiliki dua macam gerhana berbeda dalam satu fenomena. 

Fenomena ini dimulai dengan gerhana matahari cincin yang berubah menjadi gerhana matahari total. Kemudian dalam waktu singkat, gerhana kembali berubah menjadi gerhana matahari cincin. 

Menurut Andi, gerhana matahari hibrida akan terjadi pada 20 April 2023. Sayangnya, gerhana matahari ini tidak dapat disaksikan di kota-kota besar di Indonesia. 

Khusus Indonesia, gerhana ini hanya bisa disaksikan di Pulau Kisar, Pulau Maopora, Pulau Damar, Pulau Watubela, Kampung Antalisa (Fakfak), Randepandai, Roswar, Pulau Num, Wooi, Serui, dan Biak Kota. 

Selain gerhana matahari hibrida, hampir seluruh kota besar di Tanah Air juga dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian di tanggal yang sama. 

Masing-masing daerah Indonesia akan merasakan gerhana matahari sebagian dengan waktu berbeda-beda. Misalnya di Jakarta, gerhana akan berlangsung selama 2 jam 37 menit, mulai pukul 09.29.33 WIB. Puncak gerhana terjadi pada pukul 10.45.25 WIB dan berakhir pada 12.06.39 WIB. 

Baca Juga: Niat dan Cara Shalat Gerhana Bulan Total pada 8 November 2022

"Yogyakarta akan menjadi ibu kota provinsi yang paling awal memulai gerhana matahari sebagian, sedangkan Medan akan menjadi ibukota provinsi yang paling awal mengakhiri gerhana matahari sebagian," tutur Andi. 

Sementara itu, kata dia, Jayapura akan menjadi ibu kota provinsi paling akhir memulai sekaligus mengakhiri gerhana matahari sebagian. 

"Gerhana matahari sebagian 20 April 2023 tidak dialami di lima kabupaten/kota di provinsi Aceh, yakni Kota Sabang, Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Aceh Besar, dan Kabupaten Pidie," ungkap dia. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru