Kenali 5 manfaat nanas bagi kesehatan kulit dan rambut

Kamis, 17 Desember 2020 | 17:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Kenali 5 manfaat nanas bagi kesehatan kulit dan rambut


KESEHATAN - JAKARTA. Nanas merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak antioksidan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, nutrisi buah nanas juga bisa bermanfaat untuk merawat kesehatan rambut dan kulit.

Berikut ini manfaat buah nanas yang bisa Anda dapatkan.

Mengobati Jerawat

Selain mengandung banyak antioksidan, nanas juga kaya akan vitamin C. Kedua bahan itu berfungsi untuk mengobati jerawat secara efektif. Medlife (medlife.com) merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi segelas jus nanas setiap hari.

Tak hanya mengobati jerawat dan memudarkan bekasnya, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi nanas secara rutin. Mulai dari mengatasi kerusakan ulit akibat paparan sinar matahari, mencerahkan kulit, dan menghidrasi kulit dengan baik.

Mencegah Tanda-Tanda Penuaan

Seiring bertambahnya usia, ada banyak tanda-tanda penuaan yang muncul di kulit Anda, seperti garis halus, kerutan, dan lain-lain. Hal itu bisa Anda hindari dengan menggunakan nanas. Kandungan vitamin C dan antioksidan lain dalam nanas mampu memperlambat kerusakan sel kulit.

Baca Juga: Resep jus buah untuk mengobati diabetes melitus dan tekanan darah tinggi

Nanas juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga bisa melawan radikal bebas yang menyebabkan masalah kulit. Khasiat nanas itu bisa Anda dapat jika mengonsumsi buah nanas secara rutin. Supaya hasilnya lebih maksimal, cobalah untuk menambah beberapa tetes lemon.

Memudarkan Noda Hitam

Jika Anda ingin menutrisi kulit dan memudarkan noda hitam di wajah, cobalah untuk menggunakan nanas. Mengutip dari Medlife, gosokkan beberapa iris nanas pada bagian kulit yang memiliki noda hitam. Setelah itu, diamkan selama lima menit atau hingga kering kemudian bilas dengan air.

Membuat Rambut Berkilau dan Tebal

Vitamin C dan antioksidan dalam nanas tak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit Anda, tapi bisa membuat rambut Anda berkilau dan lembut. Khasiat nanas itu didukung dengan adanya bromelain.

Baca Juga: 5 Jus untuk diet yang efektif menurunkan berat badan

Bromelain adalah enzim dalam nanas yang berperan sebagai antiinflamasi sehingga menurunkan risiko jerawat, psoriasi, dan eksim di kulit kepala. Selain itu, nanas juga berguna untuk mengatasi rambut rontok sehingga rambut akan tubuh lebih kuat dan tebal.

Mengurangi Rasa Gatal

Salah satu khasiat nanas adalah mengatasi rasa gatal di kulit kepala.

Apakah Anda sering mengalami rasa gatal di kulit kepala? Jika dibiarkan, kondisi itu bisa menyebabkan rambut rontok dan masalah rambut lainnya. Untuk mengurangi rasa gatal, cobalah untuk mengonsumsi nanas secara rutin karena buah ini memiliki kandungan antiinflamasi.

Selanjutnya: 10 Manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru