Kenapa Bintang Dapat Memancarkan Cahanya Sendiri? Yuk Cari Tahu Di Sini

Rabu, 02 Februari 2022 | 11:13 WIB   Penulis: Arif Budianto
Kenapa Bintang Dapat Memancarkan Cahanya Sendiri? Yuk Cari Tahu Di Sini


SPACE - Kenapa bintang dapat memancarkan cahanya sendiri? Yuk cari tahu selengkapnya di sini. Bintang merupakan salah satu benda langit yang dapat memancarkan cahayanya sendiri, termasuk matahari.

Ada berbagai macam benda langit yang ada di angkasa luar sana. Seperti planet, asteroid, matahari, hingga tata surya, atau bahkan galaksi.

Berbicara tentang benda langit, tahukah Anda benda langit yang dapat memancarkan cahanya sendiri?

Benda langit yang dapat memancarkan cahanya sendiri disebut bintang. Cahaya yang memancar dari bintang terjadi karena adanya proses pembakaran gas di dalamnya.

GUGUSAN BIMA SAKTI

Dalam sudut pandang ilmu astronomi, definisi bintang adalah semua benda masif (umumnya memiliki massa antara 0,08 sampai 200 massa matahari) yang sedang dan pernah melangsungkan pembangkitan energi melalui reaksi fusi nuklir.

Baca Juga: Apa yang Terjadi jika Asteroid Raksasa Menghantam Bumi? Begini Kata Ilmuwan

Fusi nuklir adalah sebuah reaksi di mana dua inti atom bergabung membentuk satu atau lebih inti atom yang lebih besar dan partikel subatom (neutron atau proton).

Tidak heran, bintang katai putih (yang sudah tidak bersinar) dan bintang neuron (inti bintang yang telah runtuh dari bintang super raksasa masif) yang sudah tidak menghasilkan energi tetap disebut sebagai bintang.

Pada dasarnya ada dua macam bintang, yakni bintang semu dan bintang nyata. Apa bedanya?

Bintang semua dalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain. Dalam hal ini, ada yang menyebutkan bahwa bintang semu bukanlah bintang, tetapi planet yang memantulkan cahaya dari bintang lain dan terlihat bercahaya di langit seperti pada umumnya.

Sementara itu, bintang nyata adalah objek luar angkasa yang dapat memancarkan cahanya sendiri.

Baca Juga: Planet yang Jauh Ini Dianggap Mirip Bumi, Kemungkinan Punya Lapisan Ozon Serupa

Apakah Matahari termasuk bintang?

Matahari adalah bintang di pusat tata surya. Ya, definisinya sendiri sudah menyebutkan bahwa benda langit ini merupakan bintang yang sekaligus menjadi pusat tata surya.

Selain sebagai pusat tata surya, matahari merupakan bintang yang terdekat dengan Bumi dengan jarak sekitar 149.680.000 km (kilometer). Diikuti bintang Proxima Centauir yang berada di rasi bintang Sentaurus dengan jarak empat tahun cahaya.

Selain matahari dan proxima cenatuir, berikut beberapa nama bintang lainnya yang mungkin Anda kenal:

  • Alpha Centauri
  • Bintang Barnard
  • Wolf 359
  • Lalande 21185
  • Sirius

Beberapa nama bintang di atas memiliki jarak terdekat dengan matahari. Sirius sendiri menjadi bintang yang paling terang di langit malam.

Bintang Sirius ini dapat dilihat hampir di semua tempat di permukaan Bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru