Khasiat beras merah untuk kesehatan tubuh, cegah kolesterol dan jantung

Kamis, 04 Februari 2021 | 15:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Khasiat beras merah untuk kesehatan tubuh, cegah kolesterol dan jantung


KESEHATAN - JAKARTA. Salah satu jenis beras yang berdampak baik bagi kesehatan tubuh adalah beras merah. Manfaat beras merah berasal dari berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mulai dari serat, zinc, kalium, potasium, dan lain sebagainya.

Dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah memiliki jumlah nutrisi yang lebih banyak. Dalam 100 g nasi merah, Anda bisa mendapat 405 Kcal energi, 7 g protein, 86.7 g karbohidrat, 5.5 mg zat besi, dan masih banyak lagi nutrisi penting lainnya.

Hal itu menunjukkan bahwa nasi merah penting dikonsumsi secara rutin, apalagi bagi Anda yang memiliki masalah pada jantung, diabetes, dan ingin menurunkan berat badan. Cobalah untuk mengonsumsinya bersama makanan bergizi lain sehingga manfaatnya bisa terasa pada tubuh Anda.

Kaya Antioksidan

Seperti yang telah dikatakan, nasi merah mengandung banyak nutrisi penting, tak terkecuali mangan dan zat besi. Mengutip dari Healthbenefitstimes.com, mangan tak hanya berguna untuk memproduksi energi, tapi juga berperan sebagai antioksidan.

Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Kemampuan tersebut dimaksimalkan dengan zat besi yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan menjaga mekanisme tubuh agar berfungsi normal.

Baca Juga: Anda penderita diabetes? Ini 11 makanan yang harus dihindari

Menurunkan Kolesterol

Manfaat beras merah selanjutnya adalah mampu menurunkan jumlah kolesterol. Manfaat itu berasal dari kandungan dalam nasi merah yang bernama monacolin K. Namun, mengonsumsi nasi merah bisa menimbulkan efeksi samping, apalagi bagi Anda yang sedang hamil atau menderita penyakit liver.

Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu manfaat beras merah adalah mencegah penyakit jantung.

Healthbenefitstimes.com mengatakan bahwa mengonsumsi nasi merah dapat mencegah kemunculan penyakit jantung. Poin sebelumnya menjelaskan bahwa nasi merah dapat menurunkan kolesterol. Saat jumlah kolesterol berkurang, risiko penyempitan arteri pun menurun.

Artinya, kemungkinan Anda mengalami serangan jantung atau jenis penyakit jantung lainnya bisa dihindari. Selain mengonsumsi nasi merah, risiko penyakit jantung dapat pula Anda kurangi dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti berhenti merokok, rajin olahraga, dan lain-lain.

Baca Juga: 4 Manfaat kacang merah terbaik untuk kesehatan Anda

Menurunkan Risiko Obesitas

Manfaat beras merah lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah jenis beras ini mampu menurunkan risiko obesitas. Kandungan serat dan protein dalam nasi merah dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan berlebih pun dapat berkurang.

Nasi merah juga memiliki kandungan lemak yang sedikit. Jadi, mengonsumsi nasi merah secara rutin bukan menjadi masalah. Selain itu, energi Anda pun ikut bertambah karena jenis nasi tersebut.

Selanjutnya: 5 Pilihan makanan untuk penderita asam lambung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru