Kucing Ogah Mengeong, Cari Sebabnya!

Rabu, 27 April 2022 | 21:00 WIB Sumber: The Spruce Pets
Kucing Ogah Mengeong, Cari Sebabnya!


KONTAN.CO.ID - Salah satu cara kucing berkomunikasi adalah dengan mengeong. Ini biasanya dia lakukan saat sedang menyapa pemiliknya, bertemu dengan sesama kucing, atau merespons hal-hal lain di sekelilingnya. Namun, tak jarang ada kucing yang tidak banyak mengeong, bahkan cenderung diam tidak mengeluarkan suara apa pun. Kenapa ya, kira-kira?

Sebenarnya, ada banyak hal berbeda yang menyebabkan kucing tidak mengeong loh, Moms. Jika Anda khawatir, Anda dapat memperhatikan kondisi kucing dan mencocokannya dengan beberapa penyebabnya di bawah ini.

Baca Juga: Kucing Peliharaan Selalu Kelaparan? Waspadai Penyebabnya Berikut Ini

Kepribadian Kucing yang Pendiam

Beberapa kucing tidak mengeong karena memang memiliki kepribadian yang pendiam. Kucing pendiam biasanya juga memiliki sikap yang lebih tenang, tidak usil, dan tidak berisik. Meskipun begitu, kucing yang pendiam tetap sehat dan senang. Anda dapat membuktikannya dari pola makan dan fesesnya.

Dilansir dari The Spruce Pets, kucing biasanya tidak terlalu berkomunikasi satu sama lain, kecuali induk dan anak-anaknya. Banyak ilmuan mengatakan bahwa mengeong adalah perilaku manipulatif yang diadopsi kucing untuk mendapatkan apa yang diinginkan, misalnya makanan. Kepribadian kucing pendiam biasanya juga dipengaruhi oleh jenis rasnya. Jenis ras kucing yang cenderung pendiam adalah persian, maine coon, russian blue, dan ragdoll.

Waspadai Jika Kucing Berisik Tiba-Tiba Diam   

Meski sebagian besar kasus kucing tidak mengeong karena alasan kepribadian, terkadang masalah kesehatan juga menjadi faktor. Apalagi jika awalnya kucing Anda adalah kucing yang berisik dan aktif. Jika Anda menemukan kucing berisik tiba-tiba menjadi pendiam, Anda perlu waspada.

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru