Mau Jadi Youtuber? Ini Cara Daftar Google AdSense & Cara Monetisasi Youtube

Selasa, 24 Mei 2022 | 08:29 WIB Sumber: Kompas.com
Mau Jadi Youtuber? Ini Cara Daftar Google AdSense & Cara Monetisasi Youtube

ILUSTRASI. Mau Jadi Youtuber? Ini Cara Daftar Google AdSense & Cara Monetisasi Youtube


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Banyak orang kini mencoba menghasilkan uang dari internet dengan menjadi youtuber. Jika ingin menjadi youtuber, berikut cara daftar Google AdSense Youtuber dan memonitisasi Youtube agar bisa menghasilkan uang dari internet.

Google AdSense adalah cara mudah untuk memperoleh uang dengan menampilkan iklan di samping konten online Anda. Google adSense bisa didapat dengan menyediakan konten di media online atau media YouTube.

Bagaimana caranya mendapatkan uang dari Google AdSense?

Cara daftar Google AdSense

Pertama-tama Anda harus mendaftarkan akun YouTube Anda di Google AdSense dan memonetisasinya. Berikut ini cara daftar akun Google AdSense untuk YouTube dikutip dari laman Google:

  • Pastikan Anda sudah login di akun YouTube
  • Buka YouTube Studio di laman baru
  • Pada menu sebelah kiri, pilih "Monetization".

Baca Juga: Sepanjang Tahun 2021, Belanja Iklan Naik 13% Menjadi Rp 259 Triliun

Syarat monetisasi Youtube 2022

Apabila akun sudah memenuhi syarat, maka Anda bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya, yaitu mendaftar Google Adsense. Syarat yang dimaksud adalah:

  • Memiliki minimal 1.000 subscriber
  • Sudah ditonton 4.000 jam dalam satu tahun
  • Mengaktifkan verifikasi 2 langkah
  • Tidak melanggar pedoman Google

Jika syarat-syarat terpenuhi, maka lakukan langkah-langkah berikut:

  • Klik "Start" pada tombol "Daftar Google AdSense"
  • Saat diminta, masukkan kata sandi akun YouTube Anda dan autentikasi ulang jika diperlukan
  • Pilih akun Google mana yang ingin Anda gunakan untuk AdSense
  • Verifikasi bahwa alamat email sudah benar di bagian atas halaman.
  • Jika salah, klik Gunakan akun lain untuk beralih akun
  • Lanjutkan pengaturan akun Anda.
  • Berikan info kontak Anda dan kirimkan aplikasi akun AdSense Anda.
  • Konfirmasi dari Google

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dibawa kembali ke YouTube Studio. AdSense akan memberi tahu Anda melalui email setelah akun Anda disetujui. Ini dapat memakan waktu hingga beberapa hari.

Setelah disetujui, Anda akan melihat konfirmasi dalam YouTube Studio pada "Daftar Google AdSense" bahwa akun AdSense sudah disetujui dan aktif. Anda tinggal melihat performa konten dan menunggu cuan mengalir ke rekening.

Checklist permohonan Program Partner YouTube

Setiap orang yang memenuhi jumlah minimum dapat mengajukan permohonan untuk bergabung dengan Program Partner YouTube (YPP). Namun, Anda harus memenuhi beberapa pedoman kami agar dapat dipertimbangkan. Checklist ini ditujukan untuk memandu Anda melalui proses pengajuan permohonan.

1. Pertama-tama, pastikan Verifikasi 2 Langkah diaktifkan untuk Akun Google Anda. Ini berarti Anda melindungi akun Anda dengan sandi dan bentuk verifikasi kedua.

2. Pastikan channel Anda mematuhi kebijakan dan pedoman kami, serta tidak ada Teguran Pedoman Komunitas yang aktif di channel tersebut. Ketika mengajukan permohonan, Anda akan melalui proses peninjauan standar untuk memeriksa kepatuhan channel Anda terhadap kebijakan dan pedoman kami.

Channel yang mematuhi kebijakan dan pedoman kami akan diterima dalam program ini. Kami juga akan terus memantau channel yang telah tergabung dalam program untuk memastikan bahwa channel tersebut tetap mematuhi semua kebijakan dan pedoman kami.

3. Dapatkan minimal 1.000 subscriber dan 4.000 jam waktu tonton publik yang valid.

Saat menilai kelayakan channel untuk bergabung dalam Program Partner YouTube, kami membutuhkan konteks. Ketika berhasil mencapai jumlah minimum ini, biasanya berarti Anda sudah memiliki cukup banyak konten. Jumlah minimum ini membantu kami membuat keputusan yang lebih tepat terkait kepatuhan channel Anda terhadap kebijakan dan pedoman kami. Anda dapat mengajukan permohonan untuk bergabung ke YPP ketika sudah mencapai jumlah minimum ini.

4. Setujui persyaratan YPP. Anda dapat meminta untuk diberi tahu saat mencapai jumlah minimum subscriber dan jam waktu tonton publik. Setelah channel Anda memenuhi jumlah minimum ini, ikuti petunjuk berikut:

  • Login ke YouTube.
  • Di bagian kanan atas, klik foto profil Anda lalu YouTube Studio.
  • Di menu kiri, klik Monetisasi.

Jika belum mencapai jumlah minimum, klik Beri tahu jika saya memenuhi syarat untuk mendapatkan email. Anda akan menerima email saat channel Anda mencapai 1.000 subscriber dan 4.000 jam waktu tonton selama 12 bulan terakhir.

Jika sudah mencapai jumlah minimum, klik Mulai di kartu “Tinjau persyaratan Program Partner". Setelah Anda menyetujui persyaratan tersebut, kami akan menandai langkah ini dengan tanda "Selesai" berwarna hijau di kartu "Tinjau persyaratan Program Partner".

Pastikan Anda hanya memiliki 1 akun AdSense. Sebagai bagian dari proses pengajuan permohonan, Anda harus menghubungkan akun AdSense untuk menerima pembayaran.

1. Klik Mulai di kartu “Daftar ke Google AdSense”.

Jika Anda sudah memiliki akun AdSense, gunakan akun yang sudah disetujui. Anda dapat menghubungkan channel milik Anda sebanyak yang diinginkan ke satu akun AdSense.

Jika belum memiliki akun AdSense, Anda dapat membuatnya dengan mengikuti petunjuk di layar.

2. Setelah Anda menghubungkan akun AdSense Anda, kami akan menandai langkah ini dengan tanda "Selesai" berwarna hijau di kartu "Daftar ke Google AdSense".

Minta peninjauan.

Setelah menyetujui persyaratan Program Partner YouTube dan menghubungkan akun AdSense Anda, channel Anda akan otomatis masuk dalam antrean peninjauan. Sistem otomatis dan peninjau manual kami akan meninjau konten channel Anda untuk memeriksa kepatuhan akun Anda terhadap semua pedoman kami.

Anda dapat memeriksa status pengajuan permohonan Anda kapan saja di https://studio.youtube.com/channel/UC/monetization. Jika Anda diterima di YPP: Selamat! Anda kini dapat menyiapkan preferensi iklan dan mengaktifkan monetisasi di video yang Anda upload.

Berikut daftar FAQ yang kami dapatkan dari kreator yang baru saja bergabung dalam YPP. Jika Anda ditolak dari YPP:

Tim peninjau kami mendapati bahwa sebagian besar channel Anda tidak memenuhi kebijakan dan pedoman kami. Anda dapat mendaftar ulang 30 hari setelah penolakan.

Proses peninjauan Permohonan Anda akan dimasukkan dalam antrean setelah Anda: Mencapai jumlah minimum subscriber dan waktu tonton Tidak memiliki Teguran Pedoman Komunitas yang aktif Menyetujui persyaratan Program Partner YouTube Menghubungkan akun AdSense Anda.

Itulah cara daftar Google AdSense Youtube dan monetisasi Youtube untuk menghasilkan uang dari internet. Semoga berhasil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Daftar Google AdSense YouTube dan Monetisasi YouTube",


Penulis : Ahmad Naufal Dzulfaroh
Editor : Rizal Setyo Nugroho

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru