​Mengenal Triceratops, dinosaurus yang videonya viral di media sosial

Selasa, 15 Desember 2020 | 12:17 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Mengenal Triceratops, dinosaurus yang videonya viral di media sosial

ILUSTRASI. Triceratops


KONTAN.CO.ID - Baru-baru ini, warganet dihebohkan dengan beredarnya video seekor dinosaurus yang diketahui berjenis Triceratops diturunkan dari truk oleh beberapa orang.

Salah satu video yang menampilkan dinosaurus itu bisa dilihat di akun Twitter All About Magetan @magetanbanget yang diunggah pada Senin (14/12/2020) pukul 15.57 WIB.

Dalam video tersebut, terlihat bahwa lokasi penjinakan dinosaurus berada di Mojosemi Forest Park, Magetan, Jawa Timur.

Dikutip dari Kompas.com, Selasa (15/12/2020), pengelola Mojosemi Forest Park, Magetan, Nanang Sedayu mengatakan, video tersebut merupakan promosi dari pihak pengelola untuk memperkenalkan wahana baru yang ada di tempat wisata itu, yakni Mojosemi Dinosaurus Park. 

"Itu sebagai bagian promo kami. Di dalam (Mojosemi Forest Park) itu ada wahana baru, Dinosaurus Park, yang ada beberapa macam dinosaurus di dalamnya, termasuk yang kemarin kami turunkan," kata Sedayu saat dihubungi Kompas.com, Selasa (15/12/2020).

Baca Juga: Jangan sampai kelewatan, ini Roblox promo code terbaru minggu ini Desember 2020

Tentang Triceratops

Dirangkum dari National Geographic Kids, Triceratops adalah salah satu dinosaurus paling umum ditemukan di Amerika Utara bagian Barat pada zaman Tyrannosaurus Rex. 

Dinosaurus ini sering digambarkan bepergian dalam kelompok besar. Triceratops memakan tanaman yang tumbuh rendah dengan paruhnya dan memotongnya dengan 800 gigi kecilnya. 

Saat berjalan, jari kaki Triceratops mengarah ke luar, postur primitif yang umum ditemukan pada kebanyakan dinosaurus. Triceratops memiliki berat badan sekitar 6 hingga 8 ton yang membuatnya tidak dapat berjalan dengan cepat.

Baca Juga: Film Jurassic World: Dominion, alur ceritanya cocok dengan era pandemi

Sementara dikutip dari Natural History Museum, Triceratops memiliki 3 tanduk dan paruh seperti burung beo. Tengkorak Triceratops adalah salah satu yang terbesar dan paling mencolok dari semua hewan darat.

Tanduk tersebut bisa digunakan untuk menangkis serangan dari Tyrannosaurus. Sebuah fosil Triceratops parsial yang dikumpulkan pada tahun 1997 memiliki tanduk yang telah digigit, dengan bekas gigitan yang cocok dengan Tyrannosaurus. 

Fosil tersebut menunjukkan bahwa tanduknya sembuh setelah digigit, jadi setidaknya beberapa Triceratops selamat dari perkelahian dengan Tyrannosaurus. 

Baca Juga: Film Jurassic World: Dominion, ini kata Jeff Goldblum tentang alur ceritanya

Insting kawanan

Banyak dinosaurus bertanduk lainnya diketahui pernah hidup berkelompok karena fosil yang ditemukan dari banyak individu yang berbeda di lokasi yang sama.

Dengan berpindah dalam kawanan, hewan-hewan tersebut dapat saling memperingatkan tentang bahaya akan adanya predator. 

Namun, meski berpindah dalam kawanan, fosil Triceratops menunjukkan bahwa mereka mungkin menghabiskan sebagian besar hidup mereka sendirian.

Selanjutnya: Mojosemi Forest Park, lokasi dinosaurus yang videonya viral di media sosial

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru