Menurunkan berat badan, begini 4 khasiat bunga telang

Rabu, 03 November 2021 | 09:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Menurunkan berat badan, begini 4 khasiat bunga telang

ILUSTRASI. Berbagai macam khasiat bunga telang baik untuk kesehatan tubuh Anda.


KESEHATAN - JAKARTA. Bunga telang biasanya Anda konsumsi dalam bentuk teh herbal. Selain memiliki warna yang indah, ada banyak khasiat bunga telang yang bisa Anda dapatkan. Dengan mengonsumsinya secara teratur, ada banyak manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda.

Sama seperti teh hijau, bunga telang mengandung banyak antioksidan. Artinya, mengonsumsi bahan alami itu bisa meningkatkan sistem imun tubuh sehingga risiko terinfeksi penyakit dapat Anda hindari.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak manfaat bunga telang lainnya yang bisa Anda dapat. Namun, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi bunga telang dalam jumlah yang berlebihan, ya. Pastikan untuk mengonsumsinya dalam porsi normal supaya tak menimbulkan efek samping.

Menurunkan Berat Badan

Mengutip dari Netmeds.com, bunga telang tidak mengandung lemak, karbo, dan kolesterol sehingga bisa Anda gunakan sebagai cara menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, kandungan dalam bunga telang juga efektif mengatur nafsu makan sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan berkalori dapat berkurang.

Baca Juga: 9 Manfaat bunga telang bagi kesehatan yang tidak terduga

Menumbuhkan Rambut

Menumbuhkan rambut dengan cepat dan kuat jadi khasiat bunga telang.

Khasiat bunga telang berikutnya yang bisa Anda rasakan adalah pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat dan sehat. Antosianin, salah satu senyawa yang terdapat dalam bunga telang, mampu meningkatkan aliran darah di kulit kepala.

Dengan begitu, folikel rambut menjadi lebih kuat yang mana berpengaruh pada pertumbuhan rambut. Jika Anda ingin memakai air rebusan bunga telang secara langsung, jangan lupa untuk melakukan uji coba, ya. Hentikan pemakaian apabila muncul reaksi alergi.

Menjaga Kondisi Saluran Pencernaan

Seperti yang telah disebutkan, bunga telang dipenuhi dengan antioksidan. Nah, antioksidan itu mampu membuang radikal bebas yang memicu penyakit dalam tubuh. Cobalah untuk minum air rebusan bunga telang sebanyak satu atau dua kali dalam sehari untuk merasakan manfaatnya.

Baca Juga: Resep dan cara membuat teh bunga telang

Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu khasiat bunga telang adalah menjaga kesehatan kulit.

Netmeds.com mengatakan bahwa menjaga kesehatan kulit termasuk salah satu khasiat bunga telang. Jenis bahan alami itu mengandung flavonoid yang bisa meningkatkan produksi kolagen sehingga elastisitas kulit dapat terjaga.

Selain itu, rutin mengonsumsi bunga telang juga mampu membersihkan kotoran atau zat beracun yang ada di liver atau ginjal. Hal itu berpengaruh pada penampilan kulit. Kulit menjadi terlihat lebih cerah dan tidak kusam serta terhindar dari masalah kulit yang lain.

Selanjutnya: Melembabkan kulit, simak 5 manfaat air mawar berikut ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru