Misteri tubuh manusia, alasan sering kebelet pipis saat suhu dingin

Jumat, 19 Juli 2019 | 21:41 WIB Sumber: Kompas.com
Misteri tubuh manusia, alasan sering kebelet pipis saat suhu dingin


KESEHATAN -  Di kala suhu dingin seperti saat ini, banyak dari kita jadi lebih beser, sebentar-sebentar ingin buang air kecil alias pipis. Jangan khawatir, hal ini normal bagi manusia.

Seperti diberitakan Kompas.com (18/12/2018) dengan judul Buang Air Kecil Semakin Sering Saat Udara Dingin, Ini Penjelasannya, dalam dunia medis fenomena ini dikenal sebagai cold diuresis, atau peningkatan produksi urine karena suhu dingin.

Baca Juga: Musim kemarau kok suhu dingin? BMKG ungkap penyebabnya dry intrution

Ketika suhu atau udara sedang dingin, tubuh akan berusaha menghangatkan diri dengan cara menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke kulit. Proses ini disebut dengan vasoconstriction.

Penyempitan pembuluh darah menyebabkan tekanan darah meningkat, karena jumlah darah yang sama mengalir di ruang lebih sempit.

Untuk mengatur tekanan darah, ginjal menyaring kelebihan cairan dari darah untuk mengurangi volumenya. Ketika kandung kemih sudah penuh cairan, tubuh akan mengirim sinyal untuk buang air kecil.

Hal inilah yang menyebabkan kita jadi lebih beser saat berhadapan dengan cuaca dingin atau di ruangan dengan suhu dingin. Faktor utama yang mempengaruhi proses vasoconstriction adalah usia, jenis kelamin, komposisi tubuh, diet, dan kegiatan fisik atau olahraga yang dilakukan.

Baca Juga: Inilah 4 kota di Jawa dengan suhu dingin terparah menurut BMKG

Proses ini juga tidak bisa disamakan untuk masing-masing orang karena masing-masing orang mempunyai sistem tubuh yang berbeda-beda. Sebuah penelitian menunjukkan, salah satu cara untuk mencegah cold diuresis adalah dengan cara berolahraga saat cuaca dingin.

Itu akan mengurangi cairan tubuh melalui kulit atau berkeringat. Sebaliknya, saat musim panas semua proses ini jadi kebalikan, disebut vasolidatasi.

Baca Juga: Suhu udara di kawasan dataran tinggi Dieng capai minus 11 derajat celsius

Saat itu, tubuh akan menjaga suhu dingin tubuh dengan mengeluarkan panas melalui kulit dan kita jadi berkeringat. Pada intinya, tubuh akan selalu menyesuaikan suhunya agar tetap pada suhu normal.

Ia akan secara alami memanas jika suhu dingin dan sebaliknya, mendingin apabila cuaca panas. (Gloria Setyvani Putri​)


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Misteri Tubuh Manusia, Alasan Sering Kebelet Pipis Saat Suhu Dingin", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru