Musik Dapat Mengatasi Stres Hewan Peliharaan, Tahukah Anda?

Senin, 25 April 2022 | 13:15 WIB Sumber: Pet Lover Guy,American Kennel Club
Musik Dapat Mengatasi Stres Hewan Peliharaan, Tahukah Anda?


KONTAN.CO.ID - Kebanyakan manusia menganggap musik dapat membawa ketenangan dan meredakan rasa cemas. Mendengarkan music tertentu juga dapat meningkatkan kebahagiaan seseorang. Oleh karena itu, banyak orang akhirnya turut menawarkan hewan peliharaan mereka untuk ikut mendengarkan musik.

Namun, sebelum mengetahui manfaat lainnya, ketahui lebih dulu informasi berikut ini tentang musik yang didengarkan untuk hewan peliharaan. Simak ulasannya yuk!

Jenis Musik yang Disukai Hewan Peliharaan, Khususnya Anjing dan Kucing

Hewan seperti kucing dan anjing mungkin juga menyukai musik, tetapi mereka mungkin tidak menyukasi suara yang disukai manusia. Dilansir dari Pet Lover Guy, salah satu penyebab utama mungkin karena jangkauan pendengaran mereka. Manusia dapat mendengar hingga 20.000 Hz, anjing memiliki kemampuan mendengar hingga 45.000 Hz, dan kucing bahkan dapat mendengar lebih, sekitar 64.000 Hz.

Dari fakta tersebut, ini bukannya mereka mendengarkan dua atau tiga kali lebih baik daripada manusia, tetapi mereka bisa mengejar beberapa oktaf yang tidak bisa dilakukan manusia. Oleh karena itu, kucing dan anjing tidak suka mendengarkan musik apa pun yang bisa didengar oleh manusia. Mereka menerima sesuatu yang tenang dan menenangkan.

Dilansir dari AKC, penelitian psikolog Deborah Wells dari Queens Universitu di Belfast, meneliti reaksi anjing untuk mendengarkan musik pop modern, musik klasik, dan heavy metal saat tinggal di penampungan. Hasilnya, anjing-anjing yang mendengarkan musik pop menunjukkan tidak ada reaksi apa pun. Lagu-lagu heavy metal memicu gonggongan dan agitasi, sementara musik klasik tampaknya memiliki efek menenangkan.

Anjing tampak lebih rileks mendengar musik dengan tempo 50-60 ketukan per menit yang umumnya berupa musik klasik. Singkatnya, musik klasik dengan satu instrument pada tempo yang lebih lambat telah terbukti menghasilkan perilaku santai anjing.

Baca Juga: Jenis-Jenis Infeksi Cacing yang Dapat Menyerang Kucing

Manfaat Musik untuk Hewan Peliharaan

Musik dapat dijadikan sebagai bagian dari terapi yang bermanfaat untuk hewan peliharaan. Terapi musik dapat menurunkan hormon yang berhubungan dengan stres pada kucing dan anjing. Ketika stres teratasi, kucing dan anjing akan lebih fokus pada aktivitas mereka. Anjing dan kucing yang agresif juga mendapat manfaat dari terapi musik, sehingga membuat mereka merasa lebih baik. Ini menenangkan indra mereka dan membuat agresivitas mereka berkurang.

Setelah hewan melakukan operasi apa pun, mereka membutuhkan sesuatu untuk rileks. Terapi musik dapat menjadi solusi dalam pemulihan yang cepat setelah operasi karena musik yang tenang akan membantu mereka untuk rileks.

Musik juga menjadi salah satu bentuk hiburan bagi hewan peliharaan. Musik membantu meningkatkan hormon endorfin pada hewan peliharaan, yakni hormon untuk meningkatkan mood. Ketika mereka sendirian, ini akan membantu mereka mengatasi kesepian. Dalam jangka panjang, ini akan mengurangi risiko terjadinya gangguan kecemasan pada hewan dan meminimalkan masalah kesehatan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru