Penelitian terbaru: Sirip punggung Hiu Megalodon ternyata setinggi manusia

Senin, 07 September 2020 | 11:44 WIB Sumber: Slashgear
Penelitian terbaru: Sirip punggung Hiu Megalodon ternyata setinggi manusia

ILUSTRASI. ILUSTRASI OLEH Oliver E. Demuth; Sirip punggung Hiu Megalodon


SAINS - Penelitian terbaru dari Universitas Bristol dan Swanse ungkapkan fakta menarik dari hiu Megalodon. Terungkap bahwa panjang hiu Megalodon ternyata mencapai 52 kaki atau sekitar 15 meter.

Hiu Megalodon merupakan predator paling besar yang hidup di laut sekitar 23 juta tahun yang lalu. Hiu Megalodon memiliki kerabat dengan Hiu Putih yang hidup saat ini. 

Hiu jenis Megalodon meamng tidak hidup di masa sekarang, namun Anda pasti pernah melihatnya di film. Seperti yang ada di film berjudul The Meg rilis tahun 2018 lalu, dalam film ini Megalodon bahkan memakan Paus Bungkuk yang ukuranya besar.

Tetapi apakah ukuran hiu Megalodon sebesar itu?

Baca Juga: 5 Fakta unik hiu tutul, si hiu besar yang tidak berbahaya

Mengutip dari situs Slashgear.com, ilmuwan baru saja mengungkapkan studi barunya lewat fosil hiu Megalodon yang ditemukan. Lebih tepatnya lewat fosil gigi yang ukurannya lebih besar dari tangan manusia. 

Memanfaatkan rumus perhitungan Matematika, para ilmuwan dapat menentukan ukuran hiu Megalodon saat hidup. Mereka juga membandingkan dengan ukuran Hiu modern untuk membantu prediksi Megalodon.

Menurut para peneliti, hiu memiliki proporsi tubuh yang mirip sejak lahir hingga tumbuh dewasa. Berbeda dengan manusia yang proporsi kepalanya lebih besar saat masih bayi.

Dengan begitu mereka bisa memprediksi dari giginya saja dengan perhitungan rumus Matematika.

Ukuran Megalodon

Dari penelitian tersebut berhasil terungkap bahwa ukuran hiu Megalodon panjangnya sekitar 52,5 kaki atau 16 meter. Kepalanya sendiri berukuran 15,3 kaki atau 4 meter. Sirip punggung setinggi 1,6 meter dan ekor belakang setinggi 12,6 kaki atau 3,8 meter.

Para ilmuwan juga mengatakan bahwa tinggi manusia dewasa dan sirip punggung Hiu Megalodon hampir sama. 

Inilah yang membuat hiu Megalodon jauh lebih besar dari hiu Putih modern yang hidup saat ini.

Selanjutnya: Hanya 5 yang hidup di dunia, paus pembunuh putih terlihat di Alaska

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru