​Pengertian Akulturasi Budaya, Ini 5 Contoh Akulturasi

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 14:15 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Pengertian Akulturasi Budaya, Ini 5 Contoh Akulturasi


CARI TAHU - Akulturasi adalah percampuran dua kebudayaan atau lebih yang saling bertemu dan saling mempengaruhi. Hal itu adalah pengertian akulturasi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 

Sementara itu, akulturasi budaya adalah terjadinya suatu perubahan pola kebudayaan asli, tetapi tidak menyebabkan hilang unsur kedua kebudayaan tersebut, biasanya karena adanya interaksi dari dua bahkan lebih budaya di dalamnya. 

Biasanya pencampuran budaya atau akulturasi ini melalui suatu tahapan proses dan metode yang memakan waktu yang cukup lama dan matang. 

Baca Juga: Sudah Dapat Tiket Vaksin Booster, Kemenkes: Sudah Bisa Divaksinasi

Dikutip dari buku Ruang Rias: Menguak Budaya dan Estetika Keputren Puro Mangkunegaran Surakarta, akulturasi budaya adalah suatu proses sosial yang muncul ketika sekelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. 

Secara perlahan kebudayaan asing dapat diterima untuk diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menghilangkan unsur kebudayaan kelompok itu sendiri.

Setelah mengetahui pengertian akulturasi, lantas seperti apa itu contoh akulturasi? 

Baca Juga: Simak, Ini Caranya Membeli Pulsa di Tokopedia dan Shopee

5 Contoh akulturasi

Dirangkum dari laman Universitas Negeri Yogyakarta, 5 contoh akulturasi yang sering digunakan antara lain:

1. Menara kudus

Contoh akulturasi antara Islam dengan Hindu adalah Masjid Menara Kudus. Masjid Menara Kudus fungsinya sebagai masjid sementara ciri fisiknya menyerupai bangunan pura pada agama Hindu.  

2. Wayang

Wayang juga merupakan contoh akulturasi kebudayaan Jawa dengan India. Termasuk dalam kebudayaan Jawa adalah tokoh wayang yakni Semar, Gareng, Petruk dan Bagong. 

Sementara kebudayaan India adalah ceritanya diambil dari kitab Ramayana dan Mahabharata. 

Baca Juga: Cara Beli Kuota Belajar Telkomsel, Belajar di Rumah Makin Nyaman!

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru