Perlu Anda waspadai, 5 penyebab batuk beradarah ini

Jumat, 13 November 2020 | 19:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Perlu Anda waspadai, 5 penyebab batuk beradarah ini

KONTAN.CO.ID - Batuk berdarah merupakan salah satu tanda bahwa ada masalah kesehatan yang Anda alami. Mengetahui penyebab batuk berdarah bisa jadi salah satu cara untuk mendapat penanganan yang tepat.

Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan tentang penyebab batuk berdarah:

Mimisan

Mimisan adalah salah satu hal yang perlu Anda perhatikan karena bisa menyebabkan batuk berdarah. Mengutip dari Buoy Health, sebanyak 60% orang pernah mengalami mimisan.

Ada banyak hal yang memicu terjadinya mimisan. Mulai dari udara yang kering, mengupil, atau hidung yang terluka karena mendapat hantaman yang keras.

Jika Anda mengalami mimisan parah dalam jangka waktu lama dan batuk yang disertai darah pula, segera periksakan diri ke dokter.

Baca Juga: 5 Penyebab mata berdarah yang perlu diwaspadai

Kanker paru-paru

Penyebab batuk berdarah lainnya yang perlu Anda waspadai adalah kanker yang terjadi di paru-paru.

Sekitar 10%-15% kanker paru-paru dikategorikan dalam “small cell lung cancer”. Sedangkan sisanya termasuk dalam kelompok “non-small cell lung cancer”.

Pembeda kedua kelompok kanker paru-paru itu bisa dibedakan dengan jaringan paru-paru di mana sel kanker tumbuh.

Selain menyebabkan batuk berdarah, kanker paru-paru juga bisa menimbulkan gejala lain. Misalnya, nyeri dada, kelelahan, dan kesulitan untuk bernapas.

Sindrom goodpasture

Sindrom goodpasture merupakan salah satu jenis penyakit autoimun di mana sistem imun tubuh justru menyerang kesehatan diri sendiri. Penyakit itu mampu memproduksi sebuah zat yang menyerang protein bernama kolagen.

Ada dua lokasi di mana penyerangan kolagen di lakukan, yaitu di paru-paru dan ginjal. Lokasi tersebut tak hanya menyebabkan seseorang batuk disertai darah, tapi juga mengakibatkan mual, demam, kesulitan bernapas, dan nyeri otot.

Baca Juga: 3 Penyebab muntah darah dan gejala yang muncul

Editor: Belladina Biananda
Terbaru