Perlukah rumah sering-sering dibersihkan, simak penjelasannya

Rabu, 17 November 2021 | 07:30 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Perlukah rumah sering-sering dibersihkan, simak penjelasannya

KONTAN.CO.ID - Membersihkan rumah sudah merupakan kegiatan wajib bagi penghuni rumah untuk menjaga penampilan rumah tetap rapi dan nyaman.

Nah, untuk memaksimalkan kebersihan dan kenyamanan di dalam rumah, Anda perlu membersihkan rumah secara rutin dan pada waktu yang tepat.

Pertanyaannya, seberapa sering kita harus membersihkan rumah? Bagian mana saja di dalam rumah yang perlu dibersihkan setiap hari, dan mana saja yang hanya perlu dibersihkan sesekali? Dilansir dari Popsugar, MyDomaine, dan Well+Good, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Prediksi IHSG hari Rabu (16/11) masih naik, ini penyebabnya

Setiap Hari

  • Piring. Jangan tergoda untuk menumpuk piring dan alat makan yang kotor selama berhari-hari. Selain terlihat jorok, kotoran yang menumpuk juga dapat mengundang tikus atau hewan lainnya.
  • Meja makan. Karena digunakan setiap hari, banyak sisa makanan atau cairan yang berceceran dan dapat  mengotori permukaan meja makan, sehingga perlu dibersihkan setiap hari.
  • Permukaan dapur dan wastafel. Hampir sama seperti meja makan, permukaan dapur dan wastafel dapur juga perlu dibersihkan setiap hari karena selalu digunakan untuk menyiapkan makanan.
  • Tempat tidur. Tidak perlu mengganti sprei, cukup bersihkan dan rapikan permukaan tempat tidur setiap hari. Selain terlihat rapi, mood Anda saat pergi tidur juga akan baik.

Baca Juga: Begini strategi Mandom Indonesia (TCID) kembangkan bisnis pada tahun depan

Setiap Minggu

  • Furnitur. Furnitur seperti lemari, meja, dan rak buku kerap menjadi sarang debu dan kotoran. Anda cukup menggunakan kemoceng untuk menyingkirkan kotoran-kotoran tersebut dari permukaan furnitur seminggu sekali.
  • Lantai. Setiap minggu, sempatkan untuk membersihkan lantai. Anda bisa menggunakan sapu atau vacuum cleaner untuk membersihkan debu, lalu gunakan pel supaya lantai bersih secara menyeluruh.
  • Sprei. Kotoran, debu, sel kulit mati, dan tungau bisa bersarang di sprei Anda hanya dalam jangka waktu beberapa hari, sehingga Anda perlu mengganti dan mencuci sprei seminggu sekali.
  • Kamar mandi. Kamar mandi merupakan tempat yang rentan dengan kotoran dan kelembapan, sehingga perlu dibersihkan secara menyeluruh setiap minggunya.
  • Kulkas dan lemari makanan. Setiap minggu, bersihkan kulkas dan lemari makanan dari bahan makanan yang sudah lama atau kadaluwarsa.
  • Kaca dan cermin. Kaca dan cermin juga rentan kotor karena sentuhan, debu, atau kotoran, jadi Anda perlu membersihkannya seminggu sekali supaya tetap jernih dan cemerlang.
  • Tanaman. Beberapa tanaman hias tertentu bisa terlihat berdebu jika didiamkan, sehingga permukaan daun dan batangnya perlu dilap dengan kain bersih supaya terlihat cantik lagi.

Baca Juga: Rumah Jadi Adem, Berikut 3 Rekomendasi AC Portable yang Berkualitas

Setiap Bulan

  • Kasur. Tidak hanya sprei, kasur juga perlu dibersihkan supaya terbebas dari debu dan kotoran yang dapat mengiritasi kulit. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner atau menjemurnya di bawah sinar matahari.
  • Ventilasi. Ventilasi udara merupakan sarang empuk bagi debu dan kotoran, jadi Anda perlu membersihkannya sebulan sekali supaya udara yang masuk ke dalam rumah tidak berdebu dan penuh dengan partikel merugikan.
  • Gorden. Hampir sama seperti ventilasi udara, gorden yang dibiarkan tergantung di jendela dalam waktu lama dapat menjadi sarang debu dan kotoran. Bersihkan dengan cara dicuci atau di-vacuum.

Baca Juga: Bakal terdampak La Nina, begini strategi Pemprov DKI Jakarta antisipasi banjir

Setiap 6 Bulan Sekali

  • Kulkas. Setiap 6 bulan sekali, kosongkan kulkas dan bersihkan bagian dalamnya secara menyeluruh, mulai dari rak hingga dinding dalam kulkas. Kulkas pun akan bersih dan kualitas makanan tetap terjaga.
  • Bantal. Sama seperti sprei dan kasur, bantal juga bisa menjadi sarang bakteri, kuman, dan debu yang merugikan manusia. Jika memungkinkan, cuci atau jemur bantal setiap 6 bulan sekali supaya tetap bersih.

Nah, itulah penjelasan singkat tentang kapan sebaiknya Anda membersihkan rumah. Ingat, rumah yang dibersihkan secara teratur akan mendatangkan kenyamanan bagi penghuninya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Selanjutnya: Hindari Pakaian Ketat, Pahami 5 Penyebab Warna Kulit Ketiak Lebih Gelap

Editor: Kania Paramahita
Terbaru