Punya banyak nutrisi, cek 4 manfaat daun kelor ini

Jumat, 30 Juli 2021 | 08:58 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Punya banyak nutrisi, cek 4 manfaat daun kelor ini

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat daun kelor yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda gemar mengonsumsi daun kelor? Ternyata, ada banyak manfaat daun kelor yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda, lo. Tentu saja Anda perlu mengonsumsinya secara rutin dan dalam porsi yang pas supaya manfaatnya bisa terasa.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), ada banyak nutrisi yang terdapat dalam daun kelor. Dalam satu gelas atau 21 g daun kelor, Anda bisa mendapat protein, vitamin A, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, magnesium, riboflavin, dan lain sebagainya.

Daun kelor bisa Anda konsumsi dalam bentuk sayur atau suplemen. Untuk mendapat dosis yang tepat, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, manfaat-manfaat ini bisa Anda dapat dengan maksimal.

Menurunkan Risiko Penyakit

Selain beberapa nutrisi yang sudah disebutkan, daun kelor juga mengandung banyak antioksidan. Nah, antioksidan itulah yang berguna untuk melawan radikal bebas penyebab penyakit. Misalnya, penyakit diabetes atau penyakit jantung.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi 7 g daun kelor selama tiga bulan dapat menambah jumlah antioksidan darah. Artinya, tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi bahan alami itu supaya terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Baca Juga: Brokoli terbukti bisa mengurangi gula darah, begini cara penyajiannya

Meredakan Peradangan

Manfaat daun kelor berikutnya adalah meredakan peradangan atau inflamasi dalam tubuh. Sebenarnya, peradangan merupakan salah satu mekanisme normal yang dimiliki tubuh saat ada masalah. Namun, peradangan yang terjadi dalam jangka waktu lama justru berhubungan dengan beberapa jenis penyakit.

Daun kelor merupakan salah satu bahan alami dengan kandungan antiinflamasi yang cukup tinggi. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk benar-benar membuktikan manfaat tersebut.

Baca Juga: Daun sukun bisa membantu menurunkan asam urat tinggi

Menurunkan Gula Darah

Salah satu manfaat daun kelor adalah menurunkan gula darah.

Bagi penderita diabetes, cobalah untuk rutin mengonsumsi daun kelor. Melansir Healthline, mengonsumsi 7 g daun kelor dapat menurunkan jumlah gula darah. Saat dilakukan selama tiga bulan, jumlah gula darah yang turun mencapai 13.5%.

Menurunkan Kolesterol

Tidak hanya menurunkan gula darah, manfaat daun kelor juga mampu menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Saat jumlah kolesterol berkurang, aliran darah menjadi lebih lancar. Dengan begitu, tekanan darah bisa lebih terkontrol sehingga risiko stroke atau penyakit jantung dapat Anda hindari.

Selanjutnya: 4 Efek samping daun kelor yang perlu Anda perhatikan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru