Risiko infeksi virus corona bisa meningkat gara-gara satu faktor ini

Selasa, 13 Juli 2021 | 21:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Risiko infeksi virus corona bisa meningkat gara-gara satu faktor ini


KONTAN.CO.ID - Ada banyak faktor yang bisa meningkatkan risiko terinfeksi virus corona. Salah satunya adalah kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk merawat kesehatan gigi dan mulut.

Mengutip Only My Health, kondisi gigi dan gusi yang tidak terawat dapat meningkatkan risiko terinfeksi virus, tak terkecuali virus corona. Ada banyak kasus yang menunjukkan, kondisi kesehatan gigi dan mulut yang tidak terjaga berhubungan dengan parahnya Covid-19.

Saat bakteri masuk ke aliran darah, efek Covid-19 yang Anda alami bisa semakin parah. Selain itu, masih banyak efek buruk lain yang dapat Anda alami ketika tak menjaga kondisi gigi dan mulut dengan baik.

Menurut laman Only My Health, tingkat keparahan diabetes, tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit lain bisa naik saat kebersihan gigi dan mulut tak terawat.

Baca Juga: Ini 11 gejala Covid-19 yang sering muncul, wajib kita kenali

Baca Juga: Khawatir saja tidak cukup, semua harus bertindak seperti memakai masker dobel

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari risiko tersebut.

Pertama, usahakan untuk sikat gigi sebanyak dua kali sehari. Lakukan hal itu di pagi hari dan malam hari sebelum Anda tidur.

Kedua, gunakan benang gigi satu kali sehari dan pakai obat kumur setiap selesai sikat gigi.

Ketiga, ganti sikat gigi yang sudah Anda pakai selama dua bulan. Sikat gigi juga perlu langsung Anda ganti saat Anda terinfeksi Virus Corona, ya.

Selain beberapa hal tersebut, Anda tetap perlu mengunjungi dokter gigi secara rutin. Tentu saja, Anda perlu memerhatikan aturan yang sedang berlaku.

Selanjutnya: Kenali! Inilah perbedaan anosmia akibat Covid-19 dan flu biasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru