​Sejarah Hari Buruh di Indonesia: Sejak Kapan Jadi Libur Nasional?

Senin, 01 Mei 2023 | 11:42 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Sejarah Hari Buruh di Indonesia: Sejak Kapan Jadi Libur Nasional?

ILUSTRASI. Sejarah Hari Buruh di Indonesia telah dimulai sejak masa kolonial Belanda.


HARI PENTING - Hari Buruh atau May Day diperingati setiap tanggal 1 Mei. Di Indonesia, Hari Buruh juga dijadikan sebagai hari libur nasional. 

Namun, sebenarnya mulai kapan Hari Buruh juga menjadi hari libur nasional? 

Baca Juga: Selamat Hari Buruh! 40 Twibbon Hari Buruh 2023 Terbaru untuk Diunggah di Medsos

Sejarah May Day atau Hari Buruh Internasional

Sejarah May Day sebagai Hari Buruh lahir dari solidaritas para pekerja dalam rangka memperingati kerusuhan Haymarket di Chicago pada tahun 1886.

Sejarah May Day sebagai Hari Buruh lahir dari solidaritas para pekerja dalam rangka memperingati kerusuhan Haymarket di Chicago pada tahun 1886.

Dirangkum dari laman Britannica, kerusuhan Haymarket berawal dari aksi unjuk rasa buruh perusahaan McCormick Harvesting Machine Company pada 3 Mei 1886. 

Pada peristiwa itu, seorang buruh tewas dan beberapa lainnya terluka ketika polisi mencoba membubarkan pengunjuk rasa.

Baca Juga: 65 Twibbon Hari Pendidikan Nasional 2023, yuk Pasang Bingkai Fotonya

Lalu pada 4 Mei 1886, para pemimpin serikat buruh mengadakan unjuk rasa di Haymarket Square untuk memprotes kebrutalan polisi.

Unjuk rasa itu dihadiri oleh Wali Kota Chicago Carter Harrison, yang menyebutkan bahwa unjuk rasa di Haymarket Square adalah aksi damai.

Setelah Harrison dan sebagian besar pengunjuk rasa pergi, satu kontingen polisi datang dan meminta massa membubarkan diri.

Baca Juga: May Day, Sawit Watch Minta Cabut UU Cipta Kerja dan Perlindungan Buruh Kebun Sawit

Pada saat itu, sebuah bom dilemparkan oleh seseorang yang hingga kini tidak teridentifikasi sehingga terjadi kerusuhan yang menewaskan tujuh petugas polisi serta empat sampai delapan warga sipil.

Dikutip dari Kompas TV, pada Agustus 1886, delapan pria yang dituduh sebagai anarkis dan pemicu Kerusuhan Haymarket dijatuhi hukuman berat dalam sebuah persidangan.

Lalu pada 1890, lebih dari 300.000 orang melakukan unjuk rasa pada Hari Buruh di London. Sejak saat itu, tanggal 1 Mei mulai dikenal sebagai Hari Buruh Sedunia.

Baca Juga: May Day, Sri Mulyani Sebut Kelompok Pekerja Pelaku Utama Penggerak Roda Perekonomian

Sejarah Hari Buruh di Indonesia 

Pasca-kolonial, sejarah Hari Buruh di Indonesia juga muncul pada era kemerdekaan.

Sejarah Hari Buruh di Indonesia telah dimulai sejak masa kolonial Belanda. Pada 1903, para buruh di Batavia (kini Jakarta) dan Surabaya melakukan mogok kerja untuk menuntut hak-hak yang layak, seperti upah yang lebih baik dan jam kerja yang manusiawi.

Aksi protes tersebut dipimpin oleh Henk Sneevliet, seorang aktivis sosialis Belanda yang kemudian dikenal dengan nama Maring.

Baca Juga: 25 Ucapan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023, Jadi Caption pada 2 Mei

Dikutip dari Tribunnews, menurut buku "The Political Economy of Labor Repression in Indonesia" yang ditulis oleh Vedi R Hadiz, tuntutan kaum buruh pada saat itu terkait dengan kondisi kerja yang sangat berat, kekurangan perlindungan hukum dan kondisi kesehatan yang buruk.

Aksi protes tersebut berhasil menarik perhatian publik dan pemerintah kolonial Belanda. 

Selanjutnya, dikutip dari laman Kemdikbud, peringatan Hari Buruh di Indonesia dimulai pada 1 Mei 1918 oleh Serikat Buruh Kung Tang Hwee. 

Baca Juga: Kumpulan Caption Hari Buruh 2023, Cocok Dibagikan di Media Sosial

Gagasan tersebut muncul setelah tokoh kolonial, Adolf Baars mengkritik harga sewa tanah milik kaum buruh yang terlalu murah untuk dijadikan perkebunan. Di samping itu, para buruh bekerja dengan upah yang tak layak.

Pasca-kolonial, sejarah Hari Buruh di Indonesia juga muncul pada era kemerdekaan. Pada 1 Mei 1946, Kabinet Sjahrir justru menganjurkan peringatan ini. 

Lewat UU No. 12/1948 diatur bahwa setiap 1 Mei, buruh boleh tidak bekerja. Pada 1 Mei 2013, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan Hari Buruh sebagai hari libur nasional.

Demikian ulasan mengenai sejarah Hari Buruh di Indonesia yang menjadi hari libur nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru