Selain gunung meletus, ini 5 jenis bencana alam yang sering terjadi di Indonesia

Rabu, 08 Desember 2021 | 11:13 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Selain gunung meletus, ini 5 jenis bencana alam yang sering terjadi di Indonesia

ILUSTRASI. Selain gunung meletus, ini 5 jenis bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Foto: Gunung Semeru. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/wsj.


KONTAN.CO.ID -  Pada Sabtu (4/12/2021) lalu, Gunung Semeru mengalami erupsi sehingga menyebabkan kerusakan yang parah di Lumajang, Jawa Timur. 

Indonesia memang memiliki banyak gunung berapi yang masih aktif melakukan aktifitas vulkanik atau erupsi. Hal ini menyebabkan bencana alam gunung meletus beberapa kali terjadi di daerah yang memiliki gunung berapi aktif. 

Selain gunung meletus, Indonesia kerap kali dilanda berbagai macam bencana alam. Beberapa di antaranya bahkan sering terjadi setiap tahunnya di beberapa daerah.

Apa itu bencana alam? Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang dikutip dari Instagram @ditpsd, bencana alam adalah peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat yang disebabkan oleh alam. 

Baca Juga: 5 Pertempuran yang terjadi setelah kemerdekaan Indonesia

Bencana alam yang sudah kita ketahui diantaranya seperti gunung meletus, banjir, angin topan, kekeringan, tsunami, gempa bumi, hingga tanah longsor. 

Berikut ini 5 bencana alam yang sering terjadi di Indonesia, dirangkum dari Instagram @ditpsd.

Gunung meletus

Gunung meletus adalah salah satu bencana alam yang kerap kali melanda sebagian wilayah di Indonesia. 

Wilayah yang memiliki gunung berapi aktif, memiliki resiko yang tinggi mengalami bencana erupsi dari gunung berapi tersebut. 

Beberapa gunung berapi yang masih aktif adalah Gunung Semeru, Gunung Merapi, Gunung Sinabung, Gunung Bromo, dan masih banyak yang lainnya.

Gempa bumi

Bencana alam ini juga cukup sering terjadi di Indonesia. Gempa bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi.

Gempa bumi bisa terjadi salah satunya karena pergerakan lempengan tektonik yang ada di bawah tanah. Pergerakan tersebut kemudian memicu tekanan pada pinggiran lempeng dan menyebabkan getaran. 

Jika getaran yang ditimbulkan lemah, biasanya kita tidak merasakan getaran tersebut atau hanya merasakan getaran ringan. 

Namun jika gempa yang terjadi kencang dan besar, bisa menyebabkan kerusakan seperti bangunan rusak dan roboh. 

Baca Juga: 5 Perundingan untuk mempertahankan kedaulatan Indonesia setelah Proklamasi

Banjir

Di beberapa daerah di Indonesia, banjir menjadi bencana alam yang sering terjadi terutama saat musim penghujan tiba. 

Banjir adalah keadaan dimana suatu daerah tergenang oleh air dalam jumlah yang besar atau berlebihan. 

Bencana alam ini biasanya disebabkan oleh curah hujan yang tinggi atau hujan yang turun terus-menerus. Tingginya volume curah hujan kemudian menyebabkan sungai atau tanggul penuh.

Sungai yang tidak mampu lagi menampung air hujan akan meluap sehingga menyebabkan banjir. Daerah yang memiliki resapan air rendah juga bisa dilanda banjir saat musim hujan tiba.

Tanah longsor

Bencana alam yang sering terjadi di Indonesia selanjutnya adalah tanah longsor. Bencana ini biasanya terjadi di daerah tebing atau lereng gunung yang berlokasi di dataran tinggi. 

Tanah longsor adalah peristiwa pergerakan tanah yang jatuh dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. 

Peristiwa tanah longsor bisa disebabkan oleh gempa dari gunung meletus hingga hujan lebat yang mengakibatkan tanah dan bebatuan longsor karena tidak mampu menahan berat tanah dan batu-batuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru