Tak bisa jadi pencegahan Covid-19 yang efektif, jika memakai masker jenis ini

Senin, 27 September 2021 | 20:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak bisa jadi pencegahan Covid-19 yang efektif, jika memakai masker jenis ini


KESEHATAN - Tak hanya jaga jarak dan menjaga kebersihan tangan, memakai masker pun termasuk salah satu protokol kesehatan yang perlu Anda terapkan. Sayangnya, jenis masker tertentu tak bisa jadi pencegahan Covid-19 yang efektif.

Mengutip dari Best Life, para peneliti dari University of Waterloo di Kanada melakukan pengujian terhadap masker kain tiga lapis, masker bedah, masker N95, dan masker KN95. Penelitian itu dilakukan di ruangan besar tanpa ventilasi.

Hasilnya, masker bedah dan masker kain yang biasa digunakan oleh banyak orang hanya memiliki efisiensi sebesar 12,4% dan 9,8%. Sedangkan masker N95 dan masker KN95 memiliki efisiensi yang paling tinggi, yaitu 60% dan 46%.

Artinya, masker N95 dan masker KN95 adalah jenis masker yang paling direkomendasikan untuk menekan penularan virus corona, apalagi saat Anda berada dalam ruangan.

Baca Juga: Epidemiolog sarankan guru dan staff sekolah wajib test antigen selama aktivitas PTM

Para peneliti beranggapan, rendahnya efisiensi masker bedah dan masker kain karena penggunaannya yang tidak pas dengan wajah.

Adanya rongga yang terbentuk ketika Anda memakai masker mengakibatkan virus corona bisa masuk ke tubuh Anda. Maka dari itu, Anda perlu menggunakan masker dengan efisiensi tinggi, berukuran pas, dan memerhatikan ventilasi udara ruangan di mana Anda berada.

Selain menggunakan masker yang tepat dan menerapkan protokol kesehatan, masih ada pencegahan Covid-19 lainnya yang bisa Anda upayakan. Cara mencegah virus corona yang dimaksud adalah mendapat suntikan vaksin Covid-19.

Jika tak ada kondisi apa pun yang menghalangi Anda untuk divaksin, usahakan untuk segera mendapatkannya, ya. Vaksin memang tak membuat Anda kebal dari virus corona. Namun, vaksin bisa menurunkan gejala dan risiko Covid-19 lainnya yang lebih parah.

Selanjutnya: Tak hanya di sekolah, perjalanan siswa ke sekolah juga perlu diperhatikan saat PTM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru