Tanpa Obat Dokter, Inilah Bahan Alami untuk Menurunkan Asam Urat & Kolesterol

Sabtu, 21 Oktober 2023 | 05:00 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Tanpa Obat Dokter, Inilah Bahan Alami untuk Menurunkan Asam Urat & Kolesterol

ILUSTRASI. Tanpa Obat Dokter, Inilah Bahan Alami untuk Menurunkan Asam Urat & Kolesterol


Obat Alami Kolesterol Tinggi dan Asam Urat - Jakarta. Ada banyak obat kolesterol dan asam urat tinggi di apotek. Selain obat medis, penderita kolesterol tinggi dan asam urat bisa konsumsi bahan alami untuk pengobatan herbal.

 

Kolesterol tinggi dan asam urat terjadi karena pola makan yang tidak sehat. Bersamaan itu, penderita juga kurang aktivitas.

Diberitakan Momsmoney.id, jika sudah terlanjur mengalami kolesterol tinggi, maka langkah pengendalian perlu segera dilakukan. Kabar baiknya terdapat obat alami untuk mengatasi kolesterol tinggi yang bisa Anda coba.  

Beberapa bahan alami telah diteliti untuk membuktikkan bahwa mereka dapat dikonsumsi untuk mengurangi kadar kolesterol secara klinis. 

Dilansir dari Health Focus, ternyata berikut ini obat alami kolesterol tinggi yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi kolesterol, antara lain:  

Baca Juga: Kenali 7 Penyebab Kolesterol Tinggi dan Dampak Bagi Kesehatan

Bawang putih

Obat alami kolesterol tinggi yang pertama adalah bawang putih. Bahan dapur untuk obat kolesterol yang pertama adalah bawang putih. 

Makan bawang putih mentah diketahui dapat membantu mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari berbagai infeksi. 

Bawang putih juga dapat membantu mengurangi timbunan plak pada arteri sehingga mencegah resiko penyakit jantung. 

Beras ragi merah

Beras ragi merah merupakan obat tradisional Tiongkok dan juga sering dijadikan bahan masakan. Beberapa produk beras ragi merah mengandung banyak monacolin K. 

Zat tersebut secara kimiawi memiliki bahan aktif yang bisa menurunkan kolesterol lovastatin. Beras ragi merah mengandung zat tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. 

Jahe

Obat alami kolesterol tinggi yang selanjutnya adalah jahe. Manfaat jahe memang sudah tidak diragukan lagi dan salah satunya bisa menjadi obat alami kolesterol. 

Pada sebuah studi selama 45 hari terhadap 85 orang dengan kolesterol tinggi, 3 gram bubuk jahe menyebabkan penurunan yang signifikan pada sebagian besar penanda kolesterol. 

Tak hanya itu, penelitian pun juga dilakukan pada tikus hipotiroid. Hasilnya, ekstrak jahe mampu menurunkan kolesterol LDL hingga tingkat yang sama dengan obat penurun kolesterol . 

Ketumbar

Obat alami kolesterol tinggi yang keempat adalah ketumbar. Bahan dapur ini selain untuk membumbui masakan juga bisa menjadi obat alami kolesterol. 

Di dalam biji ketumbar juga terkandung beberapa jenis asam yang efektif membantu mencegah pengendapan kolesterol dalam darah.  

Kacang kedelai

Obat alami kolesterol tinggi yang terakhir adalah kacang kedelai. Kacang kedelai dan produk olahan dari kacang kedelai bermanfaat untuk menurunkan kolesterol LDL. 

Misalnya tahu, susu kedelai, tempe, dan kacang kedelai kukus, merupakan sumber protein tanpa lemak yang baik. 

Dengan mengonsumsinya, maka bisa jadi pengganti makanan berlemak seperti daging sapi. Dengan begitu kolesterol secara keseluruhan dalam makanan dapat berkurang.  

Selain beberapa bahan alami tersebut, makanan berserat dan buah-buahan juga baik untuk kolesterol. Yuk, mulai hidup sehat dari sekarang dan jangan lupa berolahraga secara rutin.

Obat alami asam urat tinggi

Dilansir dari website yankes.kemkes.go.id, bahasa medis asam urat adalah gout. Gout atau asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada sendi mana pun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki.

Penyakit asam urat dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Umumnya, penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang pria, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Pada wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah terkena menopause. Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari, dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama.

Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Risiko Asam Urat, Tanpa Konsumsi Obat

Sering kali orang salah kaprah dan menyamakan penyakit asam urat dengan rematik. Padahal, rematik adalah istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan.

Dalam bahasa medis, orang akan menderita asam urat jika kadar asam urat melebihi batas normal. Kadar asam urat normal laki-laki dalam darah berkisar antara   3,4 – 7,0 mg/dL.

Sedangkan kadar asam urat normal pada perempuan antara  2,4 – 6,0 mg/dL. Kemudian, kadar asam urat normal pada anak-anak 2,0 – 5,5 mg/dL.

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Selain itu  pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Berikut obat alami alami asam urat tinggi:

1. Ceri atau Jus Ceri Asam

Obat alami asam urat tinggi yang pertama adalah ceri. Untuk mengatasi penyakit asam urat, buah ceri bisa dimakan langsung atau dihaluskan dengan air menjadi jus. Jumlah yang disarankan sekitar setengah cangkir ceri per hari.

2. Jahe

Obat alami asam urat tinggi yang kedua adalah jahe. Bila ingin mencoba obat asam urat alami ini, caranya rebus air yang sudah dicampur dengan 1 sendok makan parutan jahe segar. Lalu, rendam kain lap dalam air rebusan tersebut. Saat dingin, tempelkan kompres lap tersebut ke area yang terasa sakit setidaknya sekali sehari selama 15-30 menit.

Air rebusan jahe juga bisa diminum sebagai obat asam urat alami. Caranya rebus air dengan tambahan 2 sendok teh jahe selama 10 menit. Minum 3 cangkir sehari.

3. Cuka Sari Apel, Jus Lemon dan Kunyit

Obat alami asam urat tinggi yang ketiga adalah cuka sari apel, jus lemon dan kunyit. Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit merupakan bahan-bahan alami yang sering direkomendasikan untuk mengatasi penyakit asam urat. Bila ketiganya digabungkan, mereka bisa menjadi minuman obat asam urat alami yang nikmat.

Cara membuat obat asam urat alami ini adalah campurkan perasan setengah lemon ke dalam air hangat, lalu tambahkan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Kamu bisa membuatnya sesuai selera. Minum minuman tersebut 2-3 kali sehari

4. Seledri atau Biji Seledri

Obat alami asam urat tinggi yang keempat adalah seledri. Seledri adalah sayuran yang sudah sering digunakan untuk mengatasi masalah buang air kecil. Untuk mengatasi penyakit asam urat, ekstrak dan biji sayuran tersebut sudah menjadi obat asam urat alami yang populer. Diperkirakan seledri bisa mengurangi peradangan, perbanyak makan seledri secara rutin, terutama batang seledri mentah, jus, ekstrak atau bijinya.

5. Vitamin C

Obat alami asam urat tinggi yang kelima adalah vitamin C. Beberapa bukti menunjukkan vitamin C bisa membantu mengurangi kadar asam urat. Namun, perlu diingat, tidak semua orang bisa mengonsumsi suplemen vitamin C. Orang dengan penyakit ginjal perlu membicarakannya dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen tersebut.

Makanan pantangan penderita asam urat

Selain konsumsi obat alami asam urat, penderita juga perlu menjauhi makanan pantangan asam urat yakni:

· Jeroan

· Seafood

· Daging merah

· Daging olahan

· Minuman manis

Itulah obat alami kolesterol tinggi dan asam urat. Mari menjalankan hidup sehat sejak dini untuk mencegah asam urat di usia senja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru