Terbuat dari bahan-bahan alami, berikut 4 rekomendasi obat jamur kuku

Kamis, 25 Maret 2021 | 18:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Terbuat dari bahan-bahan alami, berikut 4 rekomendasi obat jamur kuku

KONTAN.CO.ID - Meski ada banyak orang yang pernah terinfeksi jamur kuku, bukan berarti Anda boleh mengabaikan penyakit itu. Obat jamur kuku perlu segera Anda pakai supaya kuku dan kulit sekitarnya tak semakin terluka sehingga infeksi tidak semakin parah.

Melansir situs Single Care, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terinfeksi jamur kuku.

Pertama, kondisi kaki dan tangan yang lembab. Lingkungan dan iklim tertentu juga dapat meningkatkan risiko kuku tangan dan kaki lembab. Kedua, jamur kuku mudah menginfeksi Anda yang memiliki sistem imun rendah.

Ada banyak faktor yang menyebabkan daya tahan tubuh Anda berkurang. Misalnya, diabetes, usia, atau sirkulasi darah yang tak optimal.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akibat infeksi jamur kuku, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan ini.

Cuka apel

Cuka apel adalah salah satu bahan alami yang cukup efektif dimanfaatkan sebagai obat jamur kuku. Antijamur dan zat asam yang ada dalam cuka apel mampu mencegah penyebaran infeksi dan memperbaiki warna kuku yang sudah terinfeksi.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama-tama, campur cuka apel dan air hangat dengan perbandingan 2:1. Selanjutnya, rendam kaki Anda di air campuran itu. Jika aroma cuka apel terlalu kuat, cobalah untuk memberikan beberapa tetes essential oil.

Baca Juga: 8 Cara menghilangkan rasa gatal pada kulit

Bawang putih

Bawang putih bisa dimanfaatkan untuk obat jamur kuku.

Selain berguna untuk meningkatkan cita rasa makanan, bawang putih juga dapat Anda manfaatkan untuk mengurangi infeksi jamur kuku.

Anda hanya perlu meletakkan bawang putih yang sudah dikupas dan dipotong pada kuku yang terinfeksi selama 30 menit. Antimikroba dalam bawang putih akan bekerja mengobati infeksi.

Baca Juga: Kenali 5 penyebab tetanus yang perlu diwaspadai

Baking soda

Single Care merekomendasikan baking soda sebagai obat jamur kuku selanjutnya yang perlu Anda coba.

Pertama-tama, campur baking soda dengan sedikit air hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pasta tersebut pada kuku yang terinfeksi selama minimal 10 hingga 20 menitlalu bilas dengan air.

Black tea

Salah satu jenis teh, black tea atau teh hitam, bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan infeksi jamur kuku, lo. Kandungan dalam black tea mampu mencegah kaki lembab, melawan serangan bakteri, dan mempersempit pori-pori sehingga produksi keringat berkurang.

Anda perlu merebus lima hingga enam kantung teh hitam terlebih dahulu. Setelah mendidih, diamkan dulu beberapa saat sampai suhunya berkurang. Selanjutnya, rendam kuku yang terinfeksi pada air rebusan teh hitam selama 30 menit.

Selanjutnya: Cara menyembuhkan cantengan dengan obat alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru