Terjangkit virus corona meski sudah divaksin, kenali gejalanya

Rabu, 21 Juli 2021 | 19:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Terjangkit virus corona meski sudah divaksin, kenali gejalanya

KONTAN.CO.ID - Anda membutuhkan vaksin Covid-19 supaya tubuh lebih terlindungi dari virus corona. Meski demikian, bukan berarti vaksin membuat tubuh Anda kebal dari Covid-19. Penting bagi Anda untuk tetap mewaspadai gejala virus corona yang muncul.

Sakit kepala, demam, nyeri otot, sesak napas adalah beberapa ciri tubuh terinfeksi virus vorona yang umum terjadi. Menurut penelitian ZOE Covid Symptom, ada beberapa gejala yang biasa dialami oleh penderita Covid-19 yang sudah divaksin.

Mengutip Best Life, gejala itu adalah sakit kepala, pilek, bersin, sakit tenggorokan, dan menurunnya fungsi indra penciuman. Menurut penelitian, demam jadi salah satu gejala Covid-19 yang tidak banyak dialami oleh mereka yang sudah mendapat suntikan vaksin.

Baca Juga: Kapan penderita Covid-19 tak lagi menularkan virus saat isolasi mandiri?

Baca Juga: Tingkatkan protokol kesehatan antisipasi varian baru Covid-19

 

Di sisi lain, bersin jadi salah satu kondisi yang tidak terprediksi sebelumnya. Jika sudah divaksin tapi bersin terus-menerus, Best Life merekomendasikan  untuk melakukan tes Covid-19. Apalagi, jika Anda baru saja pergi ke tempat dengan risiko penularan yang tinggi.

 

Meski masih bisa terinfeksi virus corona, bukan berarti Anda harus membatalkan jadwal vaksinasi, ya. Mendapat suntikan vaksin Covid-19 bisa menurunkan tingkat keparah infeksi Virus Corona. Selain itu, risiko dirawat di rumahsakit dan kematian juga bisa berkurang.

Biar tubuh tetap terhindar dari Covid-19, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Usahakan untuk tidak pergi ke tempat dengan risiko penularan tinggi. Jika terpaksa, selalu jaga jarak dengan orang lain, pakai masker yang benar, dan rajin menjaga kebersihan tangan.

Selanjutnya: Gejala mirip, ini cara membedakan sakit Covid-19 dengan tipes

Editor: Belladina Biananda
Terbaru