Termasuk kurangi jerawat, ini 6 khasiat temulawak untuk kesehatan tubuh Anda

Kamis, 25 Maret 2021 | 18:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Termasuk kurangi jerawat, ini 6 khasiat temulawak untuk kesehatan tubuh Anda


KESEHATAN - Temulawak adalah salah satu jenis rempah yang berasal dari Indonesia. Tak hanya mampu menyedapkan rasa makanan, jenis rempah itu juga berguna untuk menyehatkan tubuh Anda.

Supaya khasiat temulawak bisa Anda dapat, cobalah untuk mengonsumsinya secara rutin. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika ingin mengonsumsi temulawak.

Healthbenefitstimes.com menyebutkan, sebaiknya temulawak tidak dikonsumsi oleh Anda yang sedang hamil atau menyusui dan memiliki penyakit liver atawa masalah pada kandung kemih.

Usahakan untuk mengonsumsi temulawak hanya dalam batas wajar. Dengan begitu, berbagai macam manfaat yang berasal dari nutrisi dalam temulawak bisa Anda dapatkan.

Beberapa khasiat temulawak adalah mengatasi asma, menambah nafsu makan, dan lain sebagainya.

Obat bisul

Salah satu khasiat temulawak berguna untuk mengobati bisul. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama-tama, bersihkan temulawak dan kupas kulitnya.

Setelah itu, rebus temulawak tersebu dalam dua gelas air. Jangan lupa untuk tambahkan palm sugar, ya. Minum air rebusan itu setelah dingin.

Baca Juga: 7 Manfaat bunga lawang untuk kesehatan yang belum banyak diketahui

Menambah nafsu makan

Jika Anda sedang tidak memiliki nafsu makan, cobalah untuk mengonsumsi temulawak. Kandungan dalam jenis rempah itu mampu mengosongkan perut dengan lebih cepat sehingga rasa lapar kembali datang dalam waktu singkat.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa merasakan manfaat itu.

Mengurangi jerawat

Salah satu khasiat temulawak adalah mengobati jerawat.

Temulawak cocok digunakan untuk mengurangi kemunculan jerawat, lo. Astringen alami yang terkandung dalam temulawak mampu memperkecil pori-pori. Dengan begitu, produksi sebum akan berkurang dan jerawat akan tersamarkan.

Baca Juga: 4 Rempah-rempah yang efektif meredakan asam lambung

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Melansir Healthbenefitstimes.com, khasiat temulawak yang lain adalah mencegah pertumbuhan sel kanker. Curcuma, antioksidan, serta nutrisi lain yang ada dalam temulawak efektif melindungi sel dari kerusakan yang berpotensi jadi sel kanker.

Meredakan osteoartritis

Apakah Anda menderita osteoartritis? Jika iya, cobalah untuk meredakan gejala-gejalanya dengan mengonsumsi temulawak.

Menurut sebuah penelitian, penderita osteoartritis mengalami rasa sakit yang lebih rendah setelah mengonsumsi temulawak selama empat minggu.

Mencegah DBD

Manfaat temulawak juga untuk mencegah DBD. Minyak yang terbuat dari temulawak bisa menghindarkan Anda dari gigitan nyamuk Aedes sehingga risiko tertular DBD pun dapat menurun.

Selanjutnya: Khasiat jeruk nipis untuk kesehatan, dari antioksidan hingga cegah sakit jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru