Khasiat jeruk nipis untuk kesehatan, dari antioksidan hingga cegah sakit jantung

Selasa, 23 Maret 2021 | 03:55 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Khasiat jeruk nipis untuk kesehatan, dari antioksidan hingga cegah sakit jantung

KONTAN.CO.ID -  Jakarta. Ada banyak khasiat jeruk nipis bagi kesehatan. Selain itu, khasiat jeruk nipis sangat baik untuk tubuh. Tanaman jeruk nipis memiliki ciri fisik warna hijau dan berduri. Sementara daunnya berbentuk bulat telur dengan pangkal membulat lancip.

Saat masih muda, buah jeruk nipis berwarna hijau dan akan berubah menjadi kuning saat matang. Namun, justru buah nipis lebih banyak digunakan saat masih hijau segar alias masih mentah.

Lantas, apa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan?

7 Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Berikut ini 7 manfaat jeruk nipis untuk kesehatan sebagaimana dilansir dari Healtline:

1. Sumber antioksidan

Rupanya manfaat minum jeruk nipis sangat baik sebagai sumber antioksidan yang baik.  Jeruk nipis mengandung senyawa aktif tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh antara lain flavonoid, limonoid, kaempferol, quercetin, dan asam askorbat.

Antioksidan merupakan senyawa penting yang melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang jadi banyak sumber berbagai penyakit. Ini karena radikal bebas dalam jumlah tinggi, bisa merusak sel dan dapat memicu penyakit jantung, diabetes, dan berbagai jenis kanker.

Baca Juga: Asam urat naik? Lada bermanfaat sebagai obat herbal untuk asam urat

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jeruk nipis mengandung vitamin C dengan kadar cukup tinggi, nutrisi ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan di dalam tubuh.

Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Contoh mudah, mengonsumsi vitamin C membantu mempersingkat durasi dan tingkat keparahan pilek.

Selain itu, vitamin C dapat membantu luka pulih lebih cepat dengan mengurangi peradangan dan merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein penting yang membantu perbaikan luka.

Baca Juga: Manfaat temulawak untuk kesehatan: menurunkan kolesterol sampai asam urat

3. Menyehatkan kulit

Manfaat jeruk nipis berikutnya adalah untuk kesehatan kulit karena kandungan vitamin C di dalamnya. Sebagai informasi, vitamin C diperlukan untuk memproduksi kolagen, sebuah senyawa protein yang membuat kulit menjadi kencang.

Sebuah jeruk nipis sedang (67 gram) menyediakan lebih dari 20 persen sumber kolagen. Dalam sebuah  penelitian yang dilakukan pada lebih dari 4.000 wanita menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak vitamin C memiliki risiko keriput dan kulit kering yang lebih rendah saat mereka menua.

Kedua, jeruk nipis mengandung antioksidan tinggi, yang dapat membantu memerangi perubahan kulit terkait usia.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan sudah tak diragukan lagi, salah satunya untuk jantung. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat minum jeruk nipis dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung.

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, faktor risiko utama penyakit jantung. Selain itu, vitamin C dapat melindungi dari aterosklerosism penyakit di mana plak menumpuk di saluran arteri sehingga membuatnya menyempit.

Baca Juga: Lada efektif meredakan asam urat, begini cara konsumsinya

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru