Manfaat temulawak untuk kesehatan: menurunkan kolesterol sampai asam urat

Kamis, 18 Maret 2021 | 17:55 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Manfaat temulawak untuk kesehatan: menurunkan kolesterol sampai asam urat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Temulawak, rempah-rempah yang kaya akan antioksidan. Ini manfaat temulawak untuk kesehatan. 

Penggemar jamu tradisional pasti sudah tidak asing dengan temulawak. Maklum saja, temulawak merupakan empon-empon yang kerab diolah menjadi jamu. 

Baca Juga: Sederet manfaat bunga lawang untuk kesehatan

Untuk Anda yang belum familiar, temulawak merupakan tanaman terna yang tingginya bisa mencapai 2-2,5 meter. 

Temulawak banyak ditemukan di kebun atau pekarangan rumah. Maklum saja, temulawak tergolong tanaman apotek hidup. 

Umbi temulawak berwarna orange bila matang sempurna. Daun temulawak berwarna hijau berbentuk panjang. 

Sejak zaman dahulu temulawak banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal. Hal ini disebabkan temulawak mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. 

Melansir dari buku berjudul Tanaman Obat untuk Mengatasi Rematik & Asam Urat karya Prapti Utami, temulawak mengandung minyak asiri, turmerol, felandren, dan kurkuminoid. 

Selain itu, temulawak memiliki efek farmakologis antiradangm antisembelit, dan diuretik. 

Manfaat temulawak untuk kesehatan

Mengandung senyawa aktif membuat temulawak dipercaya ampuh mengobati sejumlah penyakit. 

Berikut manfaat temulawak sebagai obat herbal 

1. Rematik 

Nelansir buku berjudul Khasiat & Manfaat Temulawak, rimpang berwarna orange ini memiliki efek farmakologis antiinflamansi yang efektif mengobati penyakit radang sendi, dan rematik. 

2. Batuk pada anak 

Temulawak memiliki efek farmakologis antibatuk. Temulawak bisa jadi solusi untuk anak Anda yang enggan minum obat kimia. 

Membuat obat herbal untuk batuk dari bahan temulawak cukup mudah. Anda siapkan 1 jari temulawak, madu 1 sendok makan, jeruk nipis 1 potong, dan air 1 gelas. 

 Anda rebus temulawak dengan air sekitar 15 menit. Setelah itu, Anda saring dan dinginkan. Anda tambahkan perasan jeruk nipis dan madu dan minum sampai habis. 

3. Demam pada anak 

Anak Anda demam? Temulawak efektif meredakan demam pada anak. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda siapkan 1 jari temulawak, 3 biji bunga cengkeh, 5 batang meniran, dan 1 1/2 gelas air. 

Anda rebus semua bahan selama 15 menit. Setelah itu, Anda saring dan dinginkan. 

Anda minum obat herbal tersebut 1/2 gelas 3 kali sehari atau sampai demam reda. 

4. Maag 

Mengutip buku berjudul Khasiat & Manfaat Temulawak: Rimpang Penyembuh Aneka Penyakit karya Efi Afifah, temulawak mengandung kurkumin, minyak asiri, pati, selulosa, dan mineral yang memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. 
     
Salah satu manfaat temulawak sebagai tanaman herbal adalah sebagai obat maag. Temulawak mengandung selulosa yang membantu proses pencernaan. 

Tidak hanya itu, temulawak juga mengandung flavanoid dan kurkumin yang berperan menangkap radikal bebas serta melindungi mukosa (dinding) lambung.  

5. Asam urat 

Mengutip dari buku berjudul 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan karya Yusuf CK Arianto, temulawak kaya akan kurkumin yang bermanfaat untuk menekan radang sendi dan mengurangi gejala asam urat. 

6. Menambah nafsu makan 

Anda kehilangan nafsu makan? Temulawak bisa jadi solusinya. Anda cukup merebus 2 jari temulawak, 1/4 jari lengkuas, dan 1/2 genggam daun meniran dengan tiga gelas air. 

Anda rebus semua bahan sampai mendidih dan menyisahkan air 2 gelas. Anda minum ramuan herbal tersebut 1/2 gelas dua kali sehari.

7. Kolesterol 

Melansir dari Kompas.com, temulawak juga efektif menurunkan kolesterol dalam tubuh. 

Rebusan temulawak bisa meningkatkan sekresi empedu yang bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida. 

Hal ini disebabkan temulawak mengandung minyak atsiri, kamfer, glikosida, kurkuminoid, xanthorizol, dan fellandrean dan turmerol. 

8. Jerawat 

Temulawak bersifat antiseptik yang mampu membersihkan kulit dari bakteri. Selain itu, temulawak mampu mengobati radang jerawat. 

Anda sebaiknya mengonsumsi temulawak tidak berlebihan. Sebab, penggunaan temulawak terlalu dalam waktu panjang akan menimbulkan gangguan pada lambung .

Baca Juga: Ini manfaat dan efek samping kunyit untuk kesehatan

Selanjutnya: Ini rempah-rempah yang bermanfaat sebagai obat herbal asam lambung

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru