Ternyata, penciuman anjing bisa untuk mendeteksi Covid-19

Rabu, 16 Desember 2020 | 20:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ternyata, penciuman anjing bisa untuk mendeteksi Covid-19


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Studi terkait Virus Corona terus dilakukan. Salah satunya adalah pelatihan beberapa anjing untuk mendeteksi virus corona dari keringat yang dikeluarkan oleh manusia. Hasil penelitian itu dipubilkasikan dalam Jurnal PLOS One.

Mengutip dari The National Interest (nationalinterest.org), penelitian melibatkan 177 sampel pasien dari empat rumah sakit di Paris dan satu rumah sakit di Beirut. Sebanyak 95% dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona, sedangkan 82 pasien dinyatakan negatif Covid-19.

Para peneliti melatih enam ekor anjing untuk mengenali aroma khusus pasien positif Covid-19. Setelah dilakukan pelatihan selama seminggu, beberapa anjing memiliki tingkat kesuksesan sebanyak 76%. Anjing lain yang tidak sukses

Para peneliti mengakui bahwa studi yang dilakukan masih terbatas dan terlalu cepat. Meski demikian, mereka percaya bahwa anjing bisa jadi cara mendeteksi Virus Corona dengan harga yang murah dan terpercaya sehingga bisa melengkapi tes Covid-19 yang sudah ada.

Baca Juga: Ketersediaan ruang isolasi corona di RS Jakarta semakin sedikit

Melansir The National Interest, negara lain mulai memanfaatkan kemampuan indra penciuman anjing. Di Finlandia, sekelompok anjing dilatih untuk mendeteksi Virus Corona dan mulai bekerja di Bandara Helsinki pada September. Hal yang sama juga berlangsung di Chili.

Beberapa laporan menunjukkan bahwa ada anjing yang terinfeksi Virus Corona. Namun, US CDC (Centers for Disease Control and Prevention) mengatakan bahwa belum ada bukti yang memperlihatkan bahwa binatang bisa menyebarkan Covid-19 ke populasi manusia.

Baca Juga: Warning Satgas Covid-19: Ingat, siapa pun yang menghalangi petugas dapat dipidana!

Untuk menghindari transmisi Virus Corona, sebaiknya masyarakat menjalankan protokol kesehatan secara disiplin. Jaga jarak dan gunakan masker secara benar saat bertemu orang lain serta rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Selain itu, usahakan untuk menjaga sistem imun tubuh tetap kuat agar terhindari dari berbagai penyakit. Anda bisa melakukannya dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Selanjutnya: Catat, daftar rumah sakit dan klinik penyedia tes PCR swab virus corona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru