Terpapar virus corona, berikut urutan gejala Covid-19

Rabu, 06 Oktober 2021 | 20:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Terpapar virus corona, berikut urutan gejala Covid-19

KONTAN.CO.ID - Gejala Covid-19 perlu Anda waspadai. Apalagi, beberapa kondisi serupa dengan infeksi flu, pilek, atau sinusitis. Mengenali urutan ciri-ciri virus corona menjadi penting, biar Anda bisa melakukan perawatan yang tepat.

Demam adalah gejala Covid-19 yang bisa Anda alami. Mengutip dari Eatthis.com, demam yang jadi tanda infeksi virus corona biasanya lebih dari 38 derajat Celcius.

Jika Anda mengalami kondisi tersebut, usahakan untuk membatasi aktivitas dan berdiam diri di rumah terlebih dahulu, ya.

Gejala selanjutnya yang Anda alami adalah batuk dan nyeri otot. Nyeri otot yang dalam istilah medis disebut dengan myalgia juga berpotensi menjadi long covid. Jadi, Anda perlu benar-benar mewaspadainya.

Berikutnya, mual dan muntah jadi ciri-ciri virus corona yang bisa Anda alami. Selain menginfeksi sistem pernapasan, virus corona juga menyerang sistem saraf, sistem pencernaan, dan bagian tubuh yang lain. Hal itulah yang membuat Anda merasa mual dan muntah.

Baca Juga: 4 Cara mengobati anosmia yang bisa Anda coba, apa saja?

Mual, muntah, diare termasuk gejala Covid-19.

Tak hanya mual dan muntah, Anda juga bisa mengalami diare. Melansir Eatthis.com, virus corona yang menyerang usus bisa mengganggu fungsi usus. Akibatnya, sakit perut dan diare Anda rasakan karena penyakit tersebut.

Selain demam, batuk, nyeri otot, mual, muntah, dan diare, masih banyak gejala Covid-19 lainnya yang dapat terjadi. Urutan kemunculannya pun bisa berbeda antara satu orang dengan orang lainnya.

Baca Juga: 3 Faktor yang meningkatkan risiko long covid, Anda mesti mengenali

ika Anda mengalami salah satu gejala saja, usahakan untuk menghentikan aktivitas dan melakukan isolasi mandiri.

Apalagi, jika Anda baru saja melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19. Jangan ragu untuk segera menghubungi tenga kesehatan supaya tes Covid-19 bisa Anda lakukan.

Tidak berhenti sampai di situ, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Selalu gunakan masker saat melakukan kontak dengan orang lain.

Atur jarak dengan orang yang Anda temui dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan tangan. Jangan lupa pula untuk rajin olahraga dan mengonsumsi makanan bergizi agar sistem imun tubuh tetap kuat.

Selanjutnya: Sebelum divaksin, kenali 9 jenis vaksin Covid-19 di Indonesia dan efek sampingnya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru