Tidak banyak yang tahu, ini 5 manfaat habbatussauda

Jumat, 23 April 2021 | 12:11 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tidak banyak yang tahu, ini 5 manfaat habbatussauda

ILUSTRASI. Manfaat habbatussauda bisa Anda dapat jika mengonsumsinya secara rutin.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidak hanya dipakai dalam mengolah makanan, habbatussauda atau jintan hitam juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Manfaat habbatussauda itu berasal dari berbagai macam nutrisi yang ada di dalamnya.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), habbatussauda dipenuhi dengan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh Anda lebih mampu melawan infeksi berbagai jenis penyakit dan sistem imun tubuh Anda dapat meningkat.

Cobalah untuk mengonsumsi habbatussauda secara rutin untuk mendapat manfaat-manfaat berikut. Anda bisa mencampurnya dengan bawang merah, mengonsumsinya bersama roti, atau mengkombinasikannya dengan oatmeal atau yogurt.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Karena memiliki banyak antioksidan, habbatussauda juga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Menurut beberapa penelitian, habbatussauda bisa mengatasi kanker payudara, kanker darah, dan lain-lain. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan hal itu.

Baca Juga: Catat! Ini gejala kolesterol tinggi yang sering diabaikan

Melindungi Liver

Manfaat habbatussauda selanjutnya adalah melindungi liver Anda. Saat kondisi liver terjaga, fungsinya untuk mengeluarkan racun dan mencerna berbagai macam nutrisi penting pun dapat optimal. Tak hanya itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa habbatussauda bisa memperbanyak zat racun yang keluar dari tubuh.

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol memang Anda butuhkan supaya tubuh bisa berfungsi secara maksimal. Namun, jumlah kolesterol yang terlalu banyak justru bisa menyebabkan banyak masalah. Misalnya, aliran darah terhambat dan tekanan darah meningkat.

Untuk menghindari masalah kesehatan yang lebih parah, cobalah untuk mengonsumsi habbatussauda secara rutin. Namun, pastikan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter, ya. Apalagi jika Anda sedang mengonsumsi jenis obat tertentu.

Meredakan Peradangan

Salah satu manfaat habbatussauda adalah meredakan peradangan dalam tubuh.

Healthline menyebutkan bahwa habbatussauda berguna untuk meredakan peradangan dalam tubuh. Antiinflamasi dalam habbatussauda mampu mengatasi inflamasi sehingga risiko penyakit parah, seperti diabetes atau penyakit jantung, bisa Anda hindari.

Baca Juga: ​10 Manfaat saffron untuk kesehatan yang telah terbukti

Membunuh Bakteri

Manfaat habbatussauda berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah bahan alami itu mengandung banyak antibakteri. Menurut sebuah penelitian, habbatussauda efektif dijadikan antibiotik pada bayi yang mengalami infeksi kulit.

Jika Anda ingin mengobati infeksi kulit dengan habbatussauda, jangan lupa untuk melakukan uji coba dulu, ya. Aplikasikan habbatussauda pada satu titik kulit. Jika tidak ada reaksi alergi yang keluar, Anda bisa melanjutkan pemakaian.

Selanjutnya: Jintan hitam bermanfaat untuk menurunkan berat badan, benarkah?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru