Tinggalkan cairan pembersih kimia, ganti dengan 5 bahan ini yang ada di dapur

Kamis, 02 Juli 2020 | 14:10 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tinggalkan cairan pembersih kimia, ganti dengan 5 bahan ini yang ada di dapur


Rumah Tangga - JAKARTA. Bingung membersihkan kotoran dan noda membandel saat cairan pembersih habis? Ada banyak bahan di dapur yang bisa Anda gunakan untuk membersihkannya, lo.

Bahan-bahan pembersih sederhana dan alami yang ada di dapur relatif lebih aman dibanding pembersih kimia. Apalagi, terus-menerus menggunakan cairan pembersih kimia bisa berpengaruh kepada kesehatan keluarga Anda. 

Nah, berikut 5 bahan yang ada di dapur, yang bisa Anda manfaatkan sebagai pengganti cairan pembersih untuk menghilangkan kotoran dan noda membandel:

Baca Juga: Cara menyimpan bahan makanan di kulkas agar awet selama pandemi

Baking powder

Kerak yang menempel di wajan, panci, atau alat-alat berbahan stainless steel terkadang susah untuk Anda bersihkan. Meskipun sudah Anda rendam dengan air panas dan sabun cuci, kerak terkadang masih menempel kuat.

Banyak produk-produk kimia di pasaran yang bisa menghilangkan noda tersebut. Tetapi, Anda bisa mengganti produk pembersih tersebut dengan baking powder yang ada di dapur. 

Caranya, cukup bubuhkan baking powder dan sedikit cuka di atas kerak membandel. Tunggu beberapa saat lalu gosok dan bilas dengan air bersih.

Baca Juga: Cara mengisi liburan yang bisa meningkatkan hubungan ibu dan anak

Cuka masak

Selain menjadi bahan dasar acar, cuka masak juga bisa menjadi bahan pengganti cairan pembersih. Bahan makanan ini efektif menghilangkan noda pada lantai kayu rumah Anda. 

Cukup campurkan sedikit cuka dengan air, lalu pel lantai Anda dengan larutan ini, maka noda noda pada lantai kayu rumah Anda akan hilang. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru