10 Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Berdasarkan Jenisnya

Rabu, 08 Februari 2023 | 17:50 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
10 Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Berdasarkan Jenisnya


KESEHATAN - Karbohidrat adalah sumber energi utama yang menyumbang setengah dari kebutuhan kalori manusia. Fungsi karbohidrat sangat beragam tergantung pada jenis karbohidrat tersebut.

Karbohidrat secara umum dibagi menjadi karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Nah, pengetahuan mengenai jenis-jenis karbohidrat akan membawa pemahaman terhadap fungsi karbohidrat yang sangat beragam. 

Selain itu, masih ada fungsi karbohidrat baik untuk kesehatan tubuh maupun proses pengolahan makanan.

Lantas, apa saja fungsi karbohidrat? 

Baca Juga: 10 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi Selain Nasi

Jenis karbohidrat 

Fungsi karbohidrat

Nah, beberapa jenis karbohidrat adalah sebagai berikut: 

1. Karbohidrat kompleks atau serat 

Karbohidrat kompleks adalah bagian karbohidrat yang tidak bisa dicerna dalam usus halus dan membutuhkan fermentasi bakteri dalam usus besar. Karbohidrat kompleks juga dikenal sebagai serat. 

Sehingga, karbohidrat kompleks banyak ditemukan pada sayuran, serelia, dan buah-buahan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi serat erat kaitannya dengan kejadian obesitas, diabetes, aterosklerosis, dan gangguan metabolik lainnya. 

Baca Juga: Catat! Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Usus

2. Karbohidrat sederhana 

Secara umum, karbohidrat sederhana hanya mengandung gula dasar yang mudah dicerna serta diserap oleh tubuh. Dikutip dari laman Gramedia, tidak semua karbohidrat adalah gula, tetapi semua gula adalah karbohidrat. 

Gula sendiri dapat diperoleh secara alami dari berbagai jenis makanan, diantaranya adalah buah-buahan (fruktosa), susu (laktosa), serta gula pasir (sukrosa). Gula seringkali ditemukan pada proses pembuatan kue, cokelat, serta permen, sukrosa kemudian digunakan sebagai pemanis.

Baca Juga: Selain Tubuh Terasa Lemas, Ini Tanda Usus Kotor dan Cara Mengatasinya

10 Fungsi karbohidrat 

fungsi karbohidrat bagi tubuh

Dirangkum dari buku "Ilmu Gizi Dasar" (2021), penyusun Andi Eka Yunianto, dkk berikut adalah sejumlah fungsi karbohidrat: 

1. Fungsi karbohidrat sebagai sumber energi utama

Manusia membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas baik fisik maupun aktivitas dasar seperti pernafasan, aktivitas detak jantung, dan aktivitas metabolisme tubuh. 

Nah, fungsi karbohidrat yang pertama adalah sebagai sumber energi utama dalam tubuh. Setiap 1 gram karbohidrat dapat menghasilkan energi sebanyak 4 kkal. 

Baca Juga: 15 Cara Atasi Asam Lambung Tinggi Agar Tidak Tambah Parah, Tanpa Minum Obat

2. Fungsi karbohidrat pada sistem pencernaan 

Salah satu fungsi karbohidrat bagi tubuh terutama karbohidrat kompleks dalam sistem pencernaan adalah dapat melembutkan konsistensi feses.

Beberapa jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna mempunyai efek laksatif yang dapat meningkatkan massa bakteri serta mengikat air. Hal ini dapat mencegah terjadinya konstipasi, divertikulosis, dan kanker kolon. 

Baca Juga: Selain Tubuh Terasa Lemas, Ini Tanda Usus Kotor dan Cara Mengatasinya

3. Fungsi karbohidrat dalam menjaga berat badan 

Fungsi karbohidrat terutama karbohidrat kompleks yakni memiliki kemampuan mencegah peningkatan berat badan melalui beberapa mekanisme, yaitu menyebabkan munculnya rasa kenyang. 

Hal ini dapat menurunkan asupan lemak dan karbohidrat sederhana akibat rasa kenyang setelah makan serat. 

Baca Juga: Sering Menangis? Ini 7 Cara Mudah Mengatasi Mata Sembap Setelah Menangis

4. Fungsi karbohidrat dalam manajemen kardiovaskuler 

Selanjutnya, fungsi karbohidrat bagi tubuh yakni karbohidrat kompleks adalah berperan penting dalam pencegahan penyakit kardiovaskuler. Sebab, serat dapat menurunkan kolesterol dan reabsorbsi asam empedu. 

Selain itu, serat juga dapat menurunkan konsentrasi glukosa darah dengan memperlambat penyerapan usus dan memperbaiki sensitivitas insulin. Serat juga dapat menurunkan tekanan darah sehingga mencegah kerusakan pada pembuluh darah. 

Penurunan tekanan darah tersebut karena adanya efek penurunan resistensi insulin dan level insulin karena asupan serat. 

Baca Juga: 12 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

5. Fungsi karbohidrat dalam manajemen diabetes melitus

Kemudian, fungsi karbohidrat kompleks yakni serat adalah dapat mengontrol gula darah. Sebab, asupan serat dapat memperbaiki sensitivitas insulin. 

fungsi karbohidrat bagi tubuh

6. Fungsi karbohidrat sebagai penyusun materi genetik 

Materi genetik dalam tubuh manusia yakni RNA dan DNA membutuhkan karbohidrat sebagai penyusunnya. 

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Jambu Air Untuk Kesehatan, Catat Baik-Baik!

7. Fungsi karbohidrat sebagai cadangan energi 

Cadangan energi di dalam tubuh berbentuk glikogen. Glikogen disimpan dalam hati, otot skeletal dan sebagian kecil di otak. 

Glikogen dalam hati digunakan untuk menjaga level glukosa darah sedangkan glikogen dalam otot skeletal digunakan selama aktivitas fisik yang tinggi. 

Baca Juga: Jangan Mudah Percaya! Kenali Mitos Makanan untuk Penderita Diabetes Ini

8. Fungsi karbohidrat sebagai pengatur metabolisme lemak 

Penggunaan lemak di dalam tubuh salah satunya dipengaruhi oleh karbohidrat. Stimulasi karbohidrat dapat meningkatkan konsentrasi insulin dan menekan terjadinya oksidasi lemak. Sehingga, fungsi karbohidrat juga bisa menjadi pengatur metabolisme lemak dalam tubuh. 

9. Fungsi karbohidrat sebagai pengolahan bahan pangan 

Selanjutnya, fungsi karbohidrat juga berperan dalam pengolahan bahan pangan. Fungsi karbohidrat dalam pengolahan bahan pangan antara lain memberikan rasa manis pada makanan, memberi aroma dan bentuk, serta menentukan tekstur suatu produk pangan. 

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Stroberi Untuk Kesehatan yang Telah Teruji, Catat!

10. Fungsi karbohidrat sebagai penyusun struktur sel

Terakhir, fungsi karbohidrat yakni sebagai penyusun struktur sel. Sebab, sel dalam hal ini membran sel disusun oleh beberapa komponen salah satunya karbohidrat jenis polisakarida. 

Selulosa adalah salah satu jenis polisakarida yang menyusun dinding sel tumbuhan dan umumnya ditemukan pada batang serta tumbuhan berkayu.

Demikian penjelasan mengenai fungsi karbohidrat bergantung jenisnya seperti karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru