10 Negara Peminum Alkohol Terbanyak, Sudah Jadi Bagian dari Budaya

Sabtu, 07 September 2024 | 19:25 WIB   Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo
10 Negara Peminum Alkohol Terbanyak, Sudah Jadi Bagian dari Budaya

ILUSTRASI. Oliver Struempfel dari Jerman berkompetisi untuk memecahkan rekor dunia baru dalam membawa mug bir satu liter dalam jarak 40 m (131 ft 3 in) di Abensberg, Jerman 3 September 2017.


REKOR DUNIA - Mari cari tahu deretan negara dengan konsumsi alkohol di dunia. Mayoritas berada di benua Eropa.

Minuman beralkohol masih jadi salah satu jenis minuman terpopuler di dunia apa pun alasannya. 

Di banyak negara, minuman beralkohol muncul sebagai bagian dari budaya. Minuman jenis ini umumnya jadi sangat populer di negara-negara utara yang memiliki suhu dingin. Minuman beralkohol diyakini mampu menghangatkan tuburh.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), memperkirakan bahwa sekitar 2,3 miliar orang di dunia meminum alkohol. Mengutip Alcohol Rehab Guide, secara global rata-rata konsumsi alkohol per orang adalah 5,5 liter per tahun.

Berikut adalah 10 negara dengan konsumsi alkohol tertinggi di dunia:

Baca Juga: 15 Keluarga Terkaya di Dunia, Keluarga Hartono Salah Satunya

10. Lithuania

Negara Baltik Eropa ini mencatat jumlah orang dewasa dengan ketergantungan minuman beralkohol yang tinggi. Pada tahun 2021, orang dewasa berusia 15 tahun ke atas di Lituania dilaporkan meminum rata-rata 11,79 liter alkohol per tahun.

Minuman beralkohol favorit warga Lithuania adalah bir. Hampir 45% dari total alkohol yang dikonsumsi adalah bir. Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Lituania telah mengambil langkah-langkah untuk mengekang peningkatan alkoholisme.

9. Bulgaria

Masih dari kawasan Baltik, masyarakat Bulgaria juga sangat bersahabat dengan minuman beralkohol. Menurut data Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD), hampir sepertiga penduduknya melakukan pesta minuman keras setidaknya sebulan sekali.

Laki-laki Bulgaria mampu mengonsumsi hampir 20,2 liter alkohol per tahun. Dengan angka itu, rata-rata nasional menjadi 11,92 liter per tahun.

8. Austria

Negara pengonsumsi alkohol terbesar berikutnya adalah Austria. Negara Eropa kaya budaya dan sejarah ini memang memiliki tradisi yang panjang soal produksi dan konsumsi minuman beralkohol.

OECD mencatat, 33% orang dewasa Austria melakukan pesta minuman keras setidaknya sebulan sekali. Konsumsi alkohol rata-rata di Austria adalah 11,97 liter alkohol murni per tahun, dengan bir dan wine jadi favorit.

Baca Juga: 10 Negara Termiskin di Dunia, Negara Afrika Masih Mendominasi

7. Seychelles

Seychelles, negara kecil di benua Afrika ini juga memiliki hubungan budaya yang erat dengan alkohol.

Mengutip Alcohol Rehab Guide, alkohol memainkan peran penting dalam perekonomian negara, menyumbang hampir 11,5% dari produk domestik bruto (PDB) negara tersebut. Konsumsi alkohol rata-rata di negara tersebut adalah 11,99 liter alkohol murni per tahun.

6. Uganda

Uganda adalah negara dengan konsumsi minuman beralkohol tertinggi di Afrika dengan rata-rata konsumsi alkohol per kapita per tahun sebesar 12,21 liter.

Pria di Uganda minum rata-rata 19,93 liter per tahun, sementara wanitanya 4,88 liter per tahun. Konsumsi alkohol yang berlebihan menjadi penyebab utama kemiskinan di Uganda.

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru