4 Arti nyeri perut sebelah kanan yang bisa terjadi, sebaiknya Anda kenali

Jumat, 30 Juli 2021 | 18:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Arti nyeri perut sebelah kanan yang bisa terjadi, sebaiknya Anda kenali

KONTAN.CO.ID - Nyeri perut sebalah kanan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Tentu saja, setiap orang mengalami rasa sakit dengan intensitas yang berbeda-beda.

Durasi kemunculannya pun beragam. Supaya kesehatan tak memburuk, Anda perlu mewaspadai gejala-gejala lain nyeri perut sebalah kanan.

Mengutip dari Healthline, Anda perlu segera menghubungi tenaga kesehatan jika nyeri perut dibarengi dengan gejala lain yang lebih parah. Mulai dari nyeri dada, demam, buang air besar berdarah, hingga perut bengkak.

Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan supaya diagnosa bisa didapat. Dokter juga akan bertanya gejala apa yang sebelumnya Anda rasakan.

Biasanya, perawatan yang Anda butuhkan disesuaikan dengan penyebab-penyebab ini:

Infeksi ginjal

Infeksi ginjal adalah salah satu penyebab nyeri perut sebelah kanan. Biasanya, infeksi bakteri berada di kandung kemih, ureter, atau uretra, kemudian menyebar ke salah satu atau kedua bagian ginjal.

Seiring berjalannya waktu, sakit perut juga menyebar ke bagian tubuh yang lain, misalnya, selangkangan.

Baca Juga: Nyeri dada sebelah kanan? Bisa jadi karena 4 hal ini

Irritable bowel syndrome

Irritable Bowel Syndrome atau IBS adalah sekumpulan gejala yang Anda alami saat ada masalah di usus besar. Tak hanya menyebabkan sakit perut, IBS juga ditandai dengan gejala yang lain.

Contohnya, diare, perut kembung dan kram, diare, sembelit, serta feses yang keluar bercampur lendir.

Nyeri haid

Nyeri perut sebelah kanan bisa disebabkan oleh menstruasi.

Healthline menyebutkan bahwa sakit perut juga bisa disebabkan karena nyeri haid. Sakit kepala, mual, dan sakit punggung adalah beberapa kondisi lain yang dapat Anda alami sebelum dan selama siklus haid berlangsung.

Jika rasa sakit terlalu parah, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: 4 Penyebab nyeri perut bagian bawah yang Anda alami

Dispepsia

Penyebab nyeri perut sebelah kanan berikutnya adalah dispepsia. Biasanya, kondisi itu terjadi setelah Anda mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.

Anda tidak perlu khawatir karena dispepsia bisa sembuh dalam waktu singkat. Namun, tidak sedikit pula kasus di mana dispepsia jadi masalah kesehatan yang lebih parah.

Anda perlu berhati-hati jika sakit perut dibarengi dengan muncul sensasi terbakar atau heartburn, sendawa, dan perut kembung. Apalagi, jika kondisi tersebut berlangsung selama lebih dari dua minggu.

Selanjutnya: 5 Faktor penyebab sakit pinggang, sebaiknya Anda waspada

Editor: Belladina Biananda
Terbaru