4 Cara mengubah lahan sempit di rumah untuk tempat berkebun

Kamis, 09 Juli 2020 | 05:45 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
4 Cara mengubah lahan sempit di rumah untuk tempat berkebun


RUMAH TANGGA - JAKARTA. Anda mungkin pernah berniat untuk memanfaatkan lahan sempit di rumah Anda. Luas yang tidak seberapa kadang membuat bingung, akan dibuat seperti apa lahan sisa di rumah. Ingin membuat rumah lebih aesthetic tetapi ketersediaan lahan kadang menjadi penghambat.  

Agar terlihat lebih asri dan indah, ubahlah lahan sempit di rumah Anda sebagai area berkebun.

Dilansir dari laman dlh.semarangkota.go.id, ada 4 cara untuk menyiasati lahan sempit dengan ditanami tanaman. Cara-cara tersebut cocok untuk Anda yang ingin rumah asri dengan banyak tanaman, namun terhalang dengan luas lahan yang bisa digunakan. Berikut adalah cara-cara berkebun yang cocok untuk lahan sempit. 

Baca Juga: Kiat jitu orangtua biar anak tidak kecanduan gadget

Tabulampot 

Tanaman buah dalam pot atau biasa dikenal tabulampot, adalah teknik bercocok tanam dengan media pot. Pilih buah yang berbatang rendah seperti tomat dan cabai agar dapat ditanam di pot. Sediakan media tanah yang bernutrisi, dengan campuran tanah,sekam, dan kompos. Perbandingan tiga bahan ini adalah 1:1:1. Setelah bibit ditanam, letakkan pot di tempat yang teduh dan cukup disinari cahaya matahari.

Aeroponik

Metode berkebun dengan memanfaatkan lahan sempit selanjutnya adalah aeroponik. Metode ini tidak memerlukan banyak tanah. Cukup tempatkan tanaman pada pot gantung, dan biarkan akar tanaman terbuka. Untuk mendapatkan nutrisi yang cukup, semprotkan cairan yang berisi zat hara langsung pada akar. 

Baca Juga: Corona bisa menyebar di udara, ilmuwan: partikel aerosol Covid-19 seperti asap rokok

Hidroponik

Hampir serupa dengan aeroponik, metode hidroponik sangat cocok digunakan untuk rumah dengan lahan sempit. Sediakan pipa paralon atau botol plastik. Lubangi pipa dan masukkan tanaman yang sudah berakar kedalamnya. Aliri air pada pipa agar tanaman tetap segar.

Vertikultur

Metode ini memungkinkan Anda untuk menanam di lahan sempit secara vertikal. Anda cukup menyediakan rak yang disusun secara vertikal dan pot-pot kecil berisi tanah dan kompos. Metode ini cocok untuk tanaman yang berumur pendek, semisal bayam dan kangkung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Berita Terkait


Terbaru