O

4 Gejala penyakit liver ini bisa terjadi pada tubuh Anda

Minggu, 06 Juni 2021 | 14:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Gejala penyakit liver ini bisa terjadi pada tubuh Anda


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Liver merupakan salah satu organ dalam tubuh yang memegang peranan penting. Maka dari itu, kondisi kesehatannya perlu dijaga. Jika Anda mengalami gejala penyakit liver, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Ada banyak pekerjaan liver dalam tubuh. Mulai dari mencerna makanan, mengubah dan menyimpan makanan dalam bentuk energi, dan menyarin zat racun yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Jika fungsi itu tak berjalan secara normal, tentu saja banyak gangguan kesehatan yang Anda alami.

Secara umum, penyakit liver ditandai dengan perubahan warna urin, muncul penyakit kuning, pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, kehilangan nafsu makan, dan lain-lain. Namun, masih banyak gejala lain yang bisa Anda alami sesuai dengan penyakit liver yang terjadi.

Penyakit Autoimun

Mengutip dari Healthline (healthline.com), penyakit autoimun dapat mengakibatkan peradangan pada liver. Awalnya, kondisi itu mengakibatkan Anda mengalami kelelahan dan kulit gatal. Namun, seiring berjalannya waktu, semakin banyak gejala yang Anda alami.

Baca Juga: 6 Cara membersihkan pembuluh darah, tertarik mencoba?

Gagal Liver

Diare termasuk salah satu gejala penyakit liver yang bisa Anda alami.

Gagal liver biasanya terjadi akibat penyakit liver yang tak segera tertangani. Organ tersebut benar-benar tak mampu menjalankan fungsinya sehingga kesehatan tubuh benar-benar terganggu. Beberapa gejala penyakit liver yang Anda alami adalah mual, diare, kehilangan nafsu makan, hingga koma.

Kanker

Sel kanker bisa tumbuh di bagian tubuh mana pun, tak terkecuali liver. Umumnya, tak banyak gejala yang muncul di tahap awal kemunculan kanker. Namun, Halthline menyebutkan bahwa semakin parah pertumbuhan kanker liver, semakin banyak pula gejala yang terjadi.

Beberapa ciri penyakit liver yang bisa Anda alami adalah kulit gatal, mual, muntah, berat badan turun secara tiba-tiba, warna kulit menguning, dan lain sebagainya. Jika Anda mengalami masalah kesehatan itu, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri gula darah tinggi, termasuk kelelahan dan sakit gigi

Hepatitis

Hepatitis adalah penyakit liver yang disebabkan oleh infeksi virus. Anda perlu berhati-hati karena jenis penyakit ini menular. Baik melalui cairan yang keluar dari penderita hepatitis atau makanan dan minuman yang telah terkontaminasi.

Infeksi virus mengakibatkan liver meradang sehingga organ itu kesulitan untuk menjalankan fungsinya. Beberapa gejala penyakit liver yang terjadi adalah nyeri otot dan sendi, nafsu makan menurun, warna urin menggelap, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Perlu Anda waspadai, berikut 4 penyebab maag

Editor: Belladina Biananda
Terbaru