4 hal ini jadi penyebab sering sendawa, jangan Anda abaikan

Selasa, 16 Maret 2021 | 19:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 hal ini jadi penyebab sering sendawa, jangan Anda abaikan


KESEHATAN - Sendawa adalah cara tubuh mengeluarkan terlalu banyak udara dalam tubuh. Sebenarnya, hal itu umum terjadi.

Namun, saat sering sendawa terus Anda alami, maka Anda perlu berhati-hati. Dikhawatirkan kondisi tubuh Anda mengalami gangguan.

Mengutip dari Self.com, ada beberapa hal yang menyebabkan terlalu banyak udara masuk ke tubuh Anda. Mulai dari makan dan minum dalam tempo cepat, merokok, mengunyah permen karet, hingga mengonsumsi minuman berkarbonasi.

Tapi, masih banyak faktor lain yang mengakibatkan penumpukan gas dalam tubuh. Dengan mewaspadai penyebab-penyebabnya, frekuensi sendawa pun bisa berkurang sehingga kondisi tubuh Anda pun terjaga.

GERD

Sendawa yang terlalu sering bisa jadi tanda penyakit GERD atau gastrointestinal reflux disease. GERD terjadi saat katup antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi secara normal.

Akibatnya, asam lambung kembali ke saluran pencernaan bagian atas. Hal itulah yang mengakibatkan rasa tidak nyaman hingga heartburn atau sensasi terbakar di bagian dada hingga mulut.

Tubuh menelan lebih banyak air liur untuk menetralkan sensasi terbakar yang muncul. Frekuensi menelan yang meningkat itulah yang menyebabkan sendawa terjadi.

Baca Juga: Jaga kondisi dengan mewaspadai penyebab dan gejala maag ini

Diabetes

Selain GERD, diabetes juga bisa jadi penyebab lain mengapa Anda sering sendawa. Masalah kesehatan itu berpengaruh pada kemampuan tubuh mencerna makanan.

Akibatnya, ada penumpukan makanan dalam sistem pencernaan yang mengakibatkan produksi gas meningkat.

Jenis makanan tertentu

Terlalu banyak mengonsumsi bawang merah bisa jadi penyebab sering sendawa.

Menurut Self.com, beberapa jenis makanan mengakibatkan frekuensi sendawa meningkat. Beberapa jenis makanan yang dimaksud adalah bawang merah, kubis, dan kacang polong.

Bakteri dalam sistem pencernaan membutuhkan energi yang lebih besar untuk mencerna jenis makanan itu. Akibatnya, produksi gas menjadi lebih besar daripada Anda mengonsumsi jenis makanan yang lain.

Produk olahan susu dan makanan berlemak juga bisa mengakibatkan masalah yang sama. Jadi, ada baiknya bagi Anda untuk mengurangi konsumsi makanan itu.

Baca Juga: 5 Kebiasaan minum yang buruk untuk kesehatan liver

Penyakit celiac

Penyakit celiac jadi penyebab sering sendawa selanjutnya yang perlu Anda perhatikan. Ini adalah kondisi di mana tubuh seseorang mengalami kesulitan mencerna gluten, salah satu jenis protein.

Biasanya, gluten bisa Anda temukan di produk olahan gandum, gandum hitam, atau barley.

Dinding usus penderita celiac rentan iritasi karena sistem imun berusaha mengatasi masalah yang ada. Hal itu menyebabkan sistem pencernaan kesulitan untuk mencerna makanan.

Selain menyebabkan sendawa, penyakit celiac juga bisa mengakibatkan masalah lain, seperti raum dan sariawan.

Selanjutnya: 9 Cara mencegah asam lambung naik ke tenggorokan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru