4 Manfaat masker madu untuk kesehatan kulit dan rambut

Senin, 03 Mei 2021 | 13:09 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat masker madu untuk kesehatan kulit dan rambut

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat masker madu yang bisa Anda dapatkan.

KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat masker madu yang bisa Anda dapatkan. Bukan tanpa alasan, bahan alami itu mengandung banyak nutrisi yang bisa menjaga kondisi kulit dan rambut Anda.

Supaya manfaat masker madu bisa Anda rasakan, cobalah untuk memakainya secara rutin.

Melansir Women’s Health, kandungan dalam madu dapat meningkatkan produksi kolagen kulit. Artinya, tanda penuaan bisa dicegah.

Madu juga mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Tidak berhenti sampai di situ, madu juga dipenuhi dengan antiseptik, antiinflamasi, antibakteri, dan nutrisi yang lain.

Supaya manfaat-manfaat berikut bisa Anda dapat, gunakan madu organik atau madu yang tidak tercampur dengan bahan lain:

Menyamarkan bekas luka

Madu dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Ternyata, bekas luka pun dapat tersamarkan jika Anda memakai madu secara rutin.

Caranya, oleskan madu dengan gerakan memutar pada bekas luka. Setelah didiamkan selama minimal satu menit, bilas dengan air.

Baca Juga: 3 Bahan ini cocok jadi kombinasi masker lidah buaya

Melembutkan rambut

Salah satu manfaat masker madu adalah melembutkan rambut.

Jika kondisi rambut Anda kering dan sulit diatur, cobalah untuk memanfaatkan madu. Untuk mendapat manfaat masker madu itu, aplikasikan ¼ gelas madu yang sudah dicampur dengan air secukupnya pada seluruh area rambut.

Gunakan bahan alami itu pada rambut lembab selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat.

Mengobati jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Anda tidak perlu khawatir jika memiliki masalah itu.

Women’s Health menyebutkan, antibakteri dan antiinflamasi yang terkandung dalam madu dapat menyembuhkan jerawat. Selain itu, madu juga mampu mengontrol produksi minyak kulit dan menjaga kulit agar tetap lembab.

Anda hanya perlu mengaplikasikan madu secara langsung pada jerawat. Diamkan dulu selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air.

Baca Juga: 4 Masker madu yang sesuai dengan masalah kulit Anda

Membersihkan sel kulit mati

Manfaat masker madu selanjutnya yang bisa Anda dapatkan adalah sel kulit mati bisa terangkat. Bahan alami itu lebih efektif menjaga kebersihan kulit daripada eksfoliator lain yang dijual di pasaran.

Pertama-tama, usap madu di antara kedua telapak tangan supaya hangat. Setelah itu, aplikasikan madu pada kulit wajah secara langsung dengan gerakan memutar.

Diamkan dulu selama beberapa menit lalu bersihkan dengan handuk basah. Cobalah untuk melakukan langkah-langkah tersebut secara rutin supaya kebersihan kulit terjaga.

Selanjutnya: Baik untuk kesehatan, ini 5 manfaat kencur untuk Anda

Editor: Belladina Biananda
Terbaru