4 Manfaat susu kedelai, cocok jadi penurun berat badan

Rabu, 14 April 2021 | 11:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat susu kedelai, cocok jadi penurun berat badan

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat beragam manfaat susu kedelai dengan mengonsumsinya secara rutin.


KESEHATAN - JAKARTA. Ada banyak jenis susu yang bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah susu kedelai. Manfaat susu kedelai berasal dari banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mulai dari asam lemak, serat, protein, vitamin, dan mineral.

Mengutip dari Fitday (fitday.com), susu kedelai mengandung gula yang sedikit. Bahkan lebih sedikit daripada susu sapi. Dalam segelas susu kedelai, terdapat 7 g gula atau sekitar 80 kalori. Angka tersebut menunjukkan bahwa susu kedelai cocok digunakan sebagai penurun berat badan.

Asam lemak yang terkandung dalam susu kedelai mampu menurunkan tingkat penyerapan lemak. Tidak berhenti sampai di situ, susu kedelai juga memiliki banyak serat sehingga proses menurunkan berat badan menjadi lebih efektif. Selain jadi penurun berat badan, masih banyak manfaat lain yang dimiliki susu kedelai.

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah pengeroposan tulang yang biasanya berhubungan dengan usia dan kondisi hormon seseorang. Dengan mengonsumsi susu kedelai, apalagi yang mengandung kalsium dan vitamin D, kepadatan tulang Anda akan terjaga.

Baca Juga: Ini minuman yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi

Mencegah Kanker Prostat

Manfaat susu kedelai berikutnya yang disebutkan oleh Fitday adalah jenis susu itu mampu mencegah kanker prostat. Salah satu kandungan dalam susu kedelai mampu mengurangi produksi testosteron berlebih. Dengan begitu, risiko kanker prostat pun dapat berkurang.

Menjaga Kondisi Pembuluh Darah

Salah satu kunci tubuh sehat adalah kondisi pembuluh darah yang baik. Nah, hal itu bisa Anda dapat dengan mengonsumsi susu kedelai. Jenis susu itu mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang mampu menjaga kondisi pembuluh darah dengan baik.

Antioksidan dalam susu kedelai akan menyatu dengan pembuluh darah untuk melawan serangan radikal bebas. Tidak hanya, kolesterol berlebih pun dapat tertangani dengan baik. Saat hal itu terjadi, aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan darah menjadi lebih stabil.

Baca Juga: Susu kedelai bermanfaat menurunkan kolesterol tinggi bila dikonsumsi secara rutin

Mencegah Sindrom Pascamenopause

Salah satu manfaat susu kedelai adalah mencegah sindrom pascamenopause.

Manfaat susu kedelai berikutnya perlu diketahui oleh para wanita. Perubahan hormon yang terjadi selama menopause mengakibatkan banyak gangguan. Mulai dari perubahan mood, insomnia, hingga munculnya risiko beberapa jenis penyakit. Nah, susu kedelai mampu mencegah sindrom pascamenopause itu.

Selanjutnya: Mengandung isoflavon, kedelai efektif menyeimbangkan kadar gula darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru