4 Obat pelancar haid ini bisa Anda temukan dengan mudah

Jumat, 05 Februari 2021 | 22:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Obat pelancar haid ini bisa Anda temukan dengan mudah


KESEHATAN - JAKARTA. Umumnya, siklus menstruasi adalah 28 hari. Namun, beberapa orang mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat pelancar haid yang berasal dari bahan-bahan alami.

Selain itu, usahakan untuk menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya adalah mengontrol berat badan. Mengutip dari Healthline (healthline.com), sel lemak berpengaruh pada hormon dan insulin sehingga siklu menstruasi menjadi tidak lancar.

Jika Anda memiliki maslaah berat badan, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter agar bisa mendapat berat badan yang sesuai secara efektif. Selain itu, seperti yang telah dikatakan, menstruasi juga bisa diperlancar dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan.

Jahe

Bahan alami pertama yang bisa Anda gunakan sebagai obat pelancar haid adalah jahe. Sebuah penelitian yang melibatkan 92 wanita menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe secara rutin dapat mengurangi darah haid yang keluar tiap bulan.

Hasil penelitian lain menunjukkan, mengonsumsi jahe tujuh hari sebelum jadwal menstruasi dapat meringankan PMS. Meski demikian, masih diperlukan penelitian yang lebih banyak lagi untuk benar-benar membuktikan hal tersebut.

Baca Juga: Catat, ini penyebab tubuh kekurangan hormon estrogen

Kayu Manis

Selain jahe, kayu manis juga bermanfaat untuk melancarkan siklus menstruasi Anda. Hal itu dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan pada 2014. Penelitian itu melibatkan wanita penderita PCOS atau sindrom polikistik ovarium.

Wanita yang mengalami gangguan hormon itu mengalami perbaikan siklus menstruasi setelah diobati menggunakan kayu manis. Tak hanya itu, kayu manis pun bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang muncul akibat menstruasi.

Nanas

Nanas jadi salah satu obat pelancar haid yang bisa Anda konsumsi.

Mengonsumsi nanas bisa jadi cara lain untuk memperlancar siklus menstruasi. Selain melancarkan haid, enzim dalam nanas yang bernama bromelain berperan sebagai antiinflamasi sehingga dapat mengurangi nyeri haid, seperti kram dan sakit kepala.

Baca Juga: Ini penyebab dan komplikasi radang panggul, Anda perlu tahu

Cuka Apel

Obat pelancar haid selanjutnya yang bisa Anda coba adalah cuka apel. Hal itu dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan pada 2013. Melansir Healthline, menstruasi ovulasi penderita PCOS bisa pulih setelah mengonsumsi 15 ml cuka apel setiap hari.

Cuka apel dapat pula menurunkan berat badan sehingga bisa jadi salah satu cara melancarkan haid. Anda bisa mencampur cuka apel dengan segelas air. Tambahkan pula 1 sdm madu untuk menambah cita rasa.

Selanjutnya: Dismenore, sakit perut saat haid karena kontraksi rahim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru