4 Penyebab BAB berdarah yang perlu Anda waspadai, jangan lengah

Senin, 08 Maret 2021 | 19:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Penyebab BAB berdarah yang perlu Anda waspadai, jangan lengah

KONTAN.CO.ID - Ada banyak penyebab BAB berdarah yang bisa Anda alami. Mulai dari masalah di rektum hingga gangguan pada saluran pencernaan yang lain. Jika terus dibiarkan, tentu saja kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan akan terganggu.

Umumnya, BAB keluar darah ditandai oleh gejala yang lain. Misalnya, diare atau sakit perut karena organ dalam tubuh Anda rentan mengalami iritasi. Jika Anda mengalami gejala-gejala itu, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Ada beberapa pemeriksaan yang dilakukan dokter untuk memastikan bagaimana kondisi Anda. Dengan begitu, langkah perawatan yang tepat bisa diambil. Pemeriksaan juga membantu dokter untuk menentukan apa yang jadi penyebab BAB keluar darah.

Ambeien

Penyebab BAB berdarah yang cukup sering terjadi adalah ambeien. Ambeien adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus mengalami pembengkakan. Faktor pemicunya beraneka ragam, salah satunya adalah mengejan terlalu keras karena feses sulit dikeluarkan.

Meski tidak berbahaya, ambeien cukup mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Mengutip dari Medicinet, ambeien yang dibiarkan bisa membuat tubuh seseorang kekurangan zat besi. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi tak mencukupi kebutuhan tubuh akan jenis mineral itu.

Baca Juga: Cari cara mengatasi sembelit? Pelancar BAB ini jawabannya

Kanker usus besar

Buang air besar berdarah juga bisa disebabkan oleh kanker usus besar atau kemunculan polip di organ pencernaan itu. Berak darah yang disebabkan oleh masalah kesehatan itu memang tidak menyebabkan penderitanya anemia. Namun, bukan berarti Anda boleh mengabaikannya.

Divertikulitis

Faktor lain yang menyebabkan BAB darah adalah diverkulitis. Diverkulitis adalah kondisi di mana kantung-kantung di sepanjang saluran pencernaan mengalami inflamasi atau peradangan. Melansir Medicinet, kondisi itu dialami oleh banyak orang, apalagi bagi Anda yang berusia lebih dari 50 tahun.

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti apa yang menyebebkan diverkulitis. Namun, kondisi itu dikaitkan dengan kondisi dinding usus besar yang lemah. Satu-satunya cara untuk mengobati diverkulitis adalah dengan operasi pengangkatan divertikula.

Baca Juga: Catat! ini daftar makanan dan minuman yang memicu diare

Penyebab BAB berdarah yang jarang terjadi

Selain penyebab-penyebab yang sudah disebutkan, buang air besar keluar darah juga bisa disebabkan karena hal lain yang jarang terjadi. Misalnya, pendarahan di saluran pencernaan bagian atas, pembuluh darah di saluran pencernaan pecah, atau kemunculan tumor di usus kecil.

Selanjutnya: Banyak opsi obat sembelit dari bahan-bahan alami, apa saja?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru